Tips Agar Vitamin Tidak Rusak

Tips Agar Vitamin Tidak Rusak.Sahabat semuanya..tadi sempat melihat label dalam blog ini ternyata label artikel kesehatan dari blog Sehat Kita Semua baru 3 saja, maklum saja blog ini juga belum lama kok dibuatnya.Lalu muncul ide untuk memposting artikel yang berhubungan dengan kesehatan.Maka hari ini kita belajar bersama mengenai Tips Agar Vitamin Tidak Rusak...Semoga bermanfaat...

Vitamin rentan hilang atau pun rusak karena sangat sensitif terhadap udara, panas hingga cahaya sehingga kita harus pandai-pandai dalam “menjaganya” agar kandungan vitamin di dalamnya tidak rusak dan kita bisa mendapatkan faedah dan manfaat vitamin itu sendiri dengan optimal.

Berikut adalah Tips Agar Vitamin Tidak Rusak :

1. Untuk vitamin yang dikemas berbentuk suplemen oleh pabrik dipastikan terjamin kualitas karena dikemas dengan baik, sehingga tidak mudah rusak.Meski begitu, saat kemasan vitamin itu berpindah tempat ke rumah kita tetap harus menjaganya.

  • Hindari menyimpan vitamin di tempat yang terpapar suhu ekstrem seperti di atas pesawat teve, diatas kulkas atau pun di dalamnya juga lokasi yang terkena sinar matahari langsung atau di dekat jendela.
  • Simpan kemasan vitamin di tempat tertutup yang tidak mengalami perubahan suhu secara dratis.


2. Proses memasak juga bisa membuat vitamin rusak.Inilah tips memasak yang aman.
  • Vitamin A, E, D.
  • Masaklah makanan yang mengandung vitamin ini dengan sedikit minyak.Contoh, panggang atau kukuslah hati sapi yang kaya vitamin A daripada menggorengnya.
  • Vitamin B.
  • Rebus makanan yang mengandung vitamin ini seperti ikan dan biarkan saripatinya tetap dikonsumsi dalam bentuk sup.Panggang kue dan roti tak terlalu lama, maksimal sampai warnanya agak kecoklatan.Ini dimaksudkan untuk melindungi vitamin B yang sensitif terhadap panas.
  • Vitamin C.
  • Untuk mengurangi hilangnya vitamin C yang larut dalam air dan oksigen, olah buah dan sayuran dalam jumlah air sedikit mungkin.Contoh, ketika memasak satu gelas kubis dengan empat gelas air, daun kubisnya kehilangan 90% vitamin C.Sebaliknya, ketika memasak empat gelas kubis dengan segelas air, vitamin C bisa bertahan lebih dari 50%.
  • Saat hendak memasak sayuran biarkanlah air mendidih selama beberapa menit lalu baru masukkan sayuran.Membiarkan air sampai mendidih akan membiat air kehilangan sejumlah oksigen.Air dengan kandungan oksigen tinggi ini yang dapat menghilankan vitamin C.Memasak sayuran dengan air dingin hingga mendidih bisa membuat sayuran kehilangan hingga 12 kali kandungan vitamin C-nya.
  • Penyajian sayuran juga mempengaruhi lenyapnya vitamin dalam masakan,.Segera sajikan dan konsumsi sayuran seusai dimasak.Setelah 24 jam disimpan dalam lemari es, sayuran yang telah dimasak kehilangan seperempat vitamin C.Setelah dua hari, sayuran yang telah dimasak kehilangan 50% vitamin C.

3. Hindari menyimpan daging dan ikan terlalu lama dalam bentuk es.Jika daging atau ikan sudah dicairkan jangan dibekukan lagi.Ketika mencairkan daging harus diingat, semakin lambat proses pencairan, semakin sedikit hilangnya vitamin.Karena itu mencairkan daging lakukanlah secara alamiah dengan suhu kamar.

Terima kasih sahabat telah membaca artikel mengenai Tips Agar Vitamin Tidak Rusak dan semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon