Berbagi Info Umum Kesehatan

Persiapan Menjelang Kelahiran

Persiapan Menjelang Kelahiran.Sebagai seorang ayah yang pertama kali akan mempunyai seorang anak tentunya hal mengenai persiapan menjelang kelahiran adalah sesuatu yang menegangkan dan juga mengkhawatirkan.Banyak hal yang perlu untuk dipersiapkan dalam hal menyambut kelahiran buah hati.Persiapan yang terbilang cukup banyak mulai dari persiapan fisik, mental, kebutuhan ibu selama dan setelah melahirkan dan juga persiapan dana juga tidak boleh dilupakan.Dan semoga artikel dalam hal persiapan kelahiran bisa berguna.

persiapan kelahiran sebenarnya memang harus dipersiapkan sejak jauh hari agar semuanya bisa berjalan baik dan optimal.Jika segala sesuatu memang telah dipersiapkan sedari awal dengan baik, tentunya bagi ibu hamil akan menjadi lebih tenang dan juga nyaman dalam menghadapi persiapan kelahiran dan proses persalinan.

persiapan menjelang kelahiran,Persiapan persalinan

Ibu harus mempersiapkan fisik dan juga mental dengan baik karena dalam proses kalahiran adalah merupakan sebuah proses yang cukup berat dan juga beresiko.Apalagi bagi kelahiran anak pertamanya.Tentunya hal ini membutuhkan dukungan fisik yang prima dan mental yang baik.Dukungan support mental dari suami dan keluarga akan jauh lebih baik dalam hal ini adalah merupakan salah satu tips menjelang kelahiran yang tidak boleh pula kita abaikan.

Di bawah ini adalah beberapa persiapan menjelang kelahiran ditinjau dari segi fisik serta mental yaitu :
  1. Mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam serta bervariasi dan kandungannya cukup dan disesuaikan dengan kebutuhan gizi ibu hamil, sehingga kecukupan gizi ibu dalam hal ini terpenuhi.Ibu hamil menghindari makanan serta minuman yang dapat berpotensial membahayakan kesehatan ibu dan juga sang janin.Diantaranya yaitu alkohol,makanan yang banyak mengandung pengawet, mengandung merkuri dan lainnya.
  2. Menjaga kebugaran tubuh ibu hamil dengan melakukan beberapa olahraga yang ringan saja.Olahraga yang ringan ini seperti halnya senam hamil, berjalan kaki di pagi ataupun sore hari sekitar lingkungan rumah kita dan juga relaksasi yang ringan.Untuk lebih amannya lebih baik dikonsultasikan dengan dokter kandungan macam olahraga yang ringan bagi ibu hamil.
  3. memasuki trimester yang ketiga atau pun pada usia kehamilan yang telah melewati 7 bulan, sebaiknya beberapa olahraga yang tadi disebutkan dihentikan.Kecuali adalah jalan kaki dan relaksasi.Sebagai gantinya adalah dengan melakukan senam ibu hamil, karena pada dasarnya pergerakan dalam senam hamil tersebut membantu memudahkan dalam proses persalian itu sendir.Seperti halnya dalam hal mengatur posisi, mengatur nafas, dan juga cara mengejan yang benar.
  4. Meyakinkan diri bahwa nantinya pada saat bersalin akan ditangani oleh orang-orang yang telah berkompeten di bidangnya dan ditangan oleh tenaga kesehatan baik itu bidan atau pun dokter kebidanan dan kandungan.Dengan meyakinkan diri ini maka akan membuat kepercayaan diri meningkat dan mental ibu hamil akan semakin bertambah kuat.
  5. Berdoa seraya mendekatkan diri kepada Allah bahwasannya kita adalah makhluk yang lemah dan orang-orang yang membantu persalinan adalah kepanjangan "Tangan-Nya" dalam hal memberikan bantuan.
  6. Meminta kepada suami atau pun keluarga terdekat untuk mendampingi dalam proses kalahirannya.
Jadi persiapan menjelang kelahiran ini bagi para calon ayah dan ibu untuk pertama kalinya merupakan pengalaman yang akan menimbulkan kesan tersendiri.
0 Komentar untuk "Persiapan Menjelang Kelahiran"

Back To Top