Home » » Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

Ad

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa Banyak di kalangan ibu hamil pada saat akan menjalankan puasa sunnah atau pun puasa wajib Ramadhan yang bertanya-tanya apakah ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa dan bagaimana caranya ibu hamil menjalankan puasa ramadhan atau pun puasa sunnah lainnya.

Puasa adalah menurut syariat dalam agama kita ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa (seperti halnya makan, minum, berhubungan suami istri saat siang hari, dan lain-lain) dan puasa ini dimulai semenjak mulai terbitnya fajar di pagi hari sampai dengan terbenamnya matahari, disertai niat ibadah ikhlas hanya kepada Allah, karena mengharapkan ridho-Nya serta menyiapkan diri dengan baik dalam rangka meningkatkan takwa kepada Allah Ta'ala. Karena hal tersebutlah maka bagi para ibu hamil tetap diperbolehkan menjalankan puasa selama kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya dalam keadaan sehat dan juga normal.

Tips Sehat Ibu Hamil Yang Berpuasa

Lalu adakah tips menjaga kebugaran kesehatan selama kehamilan dan menjalankan puasa ramadhan dan juga puasa sunnah lainnya juga. Karena dengan kita tetap bugar dan sehat selama masa kehamilan maka puasa sunnah maupun wajib boleh dilaksanakan oleh para ibu hamil.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil saat puasa :
  1. Mencegah dehidrasi bagi ibu hamil. Mencegah dehidrasi bagi ibu hamil yang tetap berpuasa Ramadhan adalah dengan cara memperbanyak minum pada saat berbuka. Hanya saja dalam memperbanyak minum ini tidak sekali waktu, tetapi diselang seling dan disesuaikan pula dengan porsi makan saat berbuka.Jangan pula sampai membuat ibu hamil kekenyangan akibat buka puasa dan juga minum air yang terlalu banyak saat berbuka. Hal ini juga dilakukan saat berbuka maupun ketika makan sahur. Karena satu hal yang perlu untuk digarisbawahi bahwa nutrisi ibu hamil jangan sampai dikesampingkan dan juga diremehkan.
  2. Hindari bagi ibu hamil saat berbuka dengan banyak meminum minuman yang terlalu manis yang bisa dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, tetapi bisa dengan kurma seperti yang disunnahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
  3. Pada waktu ibu hamil berbuka maupun makan sahur, maka pastikan agar ibu hamil memperoleh banyak protein dari makanan serta sayuran yang dikonsumsinya. Karena kebutuhan protein ini penting bagi pertumbuhan janin yang dalam kandungan ibu hamil.Karena bagi ibu hamil juga mengalami banyak perubahan ibu hamil.
  4. Pada saat makan sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak mudah lapar. Hindari makanan kaleng, makanan yang banyak mengandung akan zat pengawet, tinggi lemak, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula contohnya adalah makanan cepat saji.
  5. Tetap menjalani kehamilan dengan senang walaupun dengan menjalankan ibadah puasa dan juga mengurangi faktor stressor. Perubahan dalam hal rutinitas, perut kosong, serta jadwal makan, minum dan tidur yang berubah dapat menyebabkan stres. Ibu hamil yang berpuasa selama bulan Ramadhan diketahui memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih tinggi dalam darah mereka dibandingkan wanita yang tidak berpuasa.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Berbagi Info Dunia Kesehatan | Mencari Ilmu
Copyright © 2010 - 2014. Sehat Kita Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger