Alur Sertifikasi Guru PPG Dan Prioritas Peserta Sertifikasi Guru 2015

Alur sertifikasi guru melalui PPG (Pendidikan Profesi Guru) serta juga penetapan untuk prioritas peserta sertifikasi guru tahun 2015 perlu dikatahui rekan-rekan guru dalam rangka nantinya untuk memperoleh Tunjangan Profesi Guru (TPG) di tahun 2015 ini.

Pada tahun 2015 PPG atau Pendidikan Profesi Guru akan menggantikan PLPG dalam rekrutmen para guru yang berhak mendapatkan Tunjangan Profesi, pada prosesnya PPG sendiri sedikit berbeda pola dengan PLPG atau cara sebelumnya pada proses perkembangan Sertifikasi Guru Tahun 2015 ini.

Alur Sertifikasi Guru PPG Tahun 2015

Alur Sertifikasi Guru Melalui Pendidikan Profesi Guru Tahun 2015


Berikut informasi dan pemberitaan yang dilansir dan diperoleh dari sekolahdasar.net terkait dengan informasi tersebut diatas.

Sertifikasi guru tahun 2015 dilaksanakan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang selanjutnya disebut sertifikasi guru melalui PPG. Berikut ini adalah merupakan tata cara dan alur sertifikasi guru melalui PPG di tahun 2015 antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Guru calon peserta sertifikasi guru melalui PPG akan mengikuti seleksi administrasi yang dilakukan oleh dinas pendidikan provinsi dan atau kabupaten/kota masing-masing.
  2. Semua guru calon peserta sertifikasi guru melalui PPG di tahun 2015 ini yang telah memenuhi persyaratan administrasi diikutkan dalam seleksi akademik berbasis data hasil Uji Kompetensi (UKA dan UKG).
  3. Bagi peserta yang lulus seleksi akademik dilanjutkan dengan penyusunan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).
  4. Bagi guru yang telah memiliki RPL setara dengan 10 SKS atau lebih ditetapkan sebagai peserta workshop di LPTK. Sedangkan guru yang sudah mencapai sekurang-kurangnya 7 SKS dapat melengkapi kekurangan RPL tersebut dengan durasi waktu maksimal 20 hari sejak diumumkan.
  5. Workshop dilaksanakan selama 16 hari (168 JP) di LPTK meliputi kegiatan pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)/Penelitian Tindakan layanan Bimbingan dan Konseling (PTBK)/Penelitian Tindakan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTTIK) dan peer teaching/peer counceling yang diakhiri dengan ujian tulis formatif (UTF) dengan instrumen yang disusun oleh LPTK penyelenggara.Peserta sertifikasi guru melalui PPG yang lulus UTF akan dilanjutkan dengan melaksanakan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) di sekolah tempat guru bertugas.
  6. PKM dilaksanakan di sekolah selama 2 bulan (diluar libur antar semester) dengan kegiatan-kegiatan sesuai tugas pokok guru yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran (RPP/RPPBK/RPPTIK), melaksanakan proses pembelajaran/layanan konseling/layanan TIK, implementasi PTK/PTBK/PTTIK, melaksanakan penilaian, pembimbingan, dan kegiatan persekolahan lainnya.
  7. Peserta sertifikasi guru melalui PPG yang lulus uji kinerja dan Ujian Tulis Nasional (UTN) akan memperoleh sertifikat pendidik, sedangkan peserta yang belum lulus, diberi kesempatan mengulang sebanyak 2 kali untuk ujian yang belum memenuhi syarat kelulusan. Bagi peserta yang tidak lulus pada ujian ulang kedua, peserta dikembalikan ke dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota untuk memperoleh pembinaan dan dapat diusulkan mengikuti workshop untuk tahun berikutnya.

Penetapan Prioritas Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2015


Penetapan calon para peserta sertifikasi guru 2015 dilakukan secara berkeadilan dan transparan melalui online sistem dengan menggunakan Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG).

Daftar rangking bakal calon peserta sertifikasi guru 2015 melalui PPG diumumkan oleh Badan PSDMPK-PMP dan dapat diketahui dengan mengakses melalui website www.sergur.kemdiknas.go.id.

Salah satu syarat menjadi guru profesional yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah guru harus memiliki sertifikat pendidik.

Penetapan Prioritas Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2015

Implementasi dari amanat tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2007 sampai dengan tahun 2014 melalui beberapa pola sertifikasi bagi guru dalam jabatan

Calon peserta sertifikasi guru tahun 2015 yang telah memenuhi persyaratan administrasi dan akademik berbasis hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) atau Uji Kompetensi Awal (UKA) akan ditetapkan sebagai peserta Sertifikasi Guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2015.

Guru yang telah memenuhi syarat akan diseleksi berdasarkan hasil uji kompetensi (UKA dan UKG) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2013 dan 2014. Jika belum memiliki nilai UKA atau UKG akan diikutkan pada pelaksanaan UKA tahun 2015.

Penetapan bidang studi sertifikasi harus linier dengan kualifikasi akademik S­1/D­IV. Khusus bagi guru yang diangkat sebelum tahun 2006 penetapan bidang studi sertifikasi mengacu pada kualifikasi akademik S­ 1/D­IV atau bidang studi yang diampu minimal 5 (lima) tahun berturut­ turut.

Bidang studi sertifikasi ini akan melekat terus pada guru selama menjalankan profesi guru.

Penetapan peserta sertifikasi guru ini sesuai dengan kuota yang telah ditentukan oleh oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Urutan prioritas peserta sertifikasi guru tahun 2015 adalah antara lain sebagai berikut :
  1. Seluruh peserta sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2013-2014 yang tidak lulus.
  2. Guru sudah memiliki sertifikat pendidik dan dimutasikan untuk mengajar bidang tugas baru sesuai dengan kualifikasi akademik (selanjutnya disebut sertifikasi kedua) dengan terlebih dahulu mengikuti UKA pada bidang tugas baru.
  3. Guru yang diangkat sebelum bulan Januari tahun 2006.
  4. Guru yang tidak termasuk kategori 1, 2, 3 di atas diranking berdasarkan hasil UKA.

1 komentar


EmoticonEmoticon