Anak Demam Setelah Imunisasi

Penyebab anak menjadi demam setelah diimunisasi adalah merupakan hal yang normal dan fisiologis dan hal ini justru menandakan bahwasannya vaksin yang diberikan kepada anak sedang bekerja.

Keluhan tanda gejala demam setelah diberikan imunisasi adalah merupakan respon tubuh anak dan menunjukkan bahwa vaksin sudah mulai bekerja untuk meningkatkan daya tahan tubuh si anak itu sendiri.

Hal ini diungkapkan oleh Tjandra Yoga Aditama selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seperti informasi yang dilansir dari republika dengan judul pemberitaan anak demam tanda vaksin bekerja.

Anak Demam Setelah Imunisasi

Penyebab Demam Panas Anak Setelah Imunisasi


Secara klinis Manfaat Tujuan Pemberian Imunisasi Pada Anak adalah dalam rangka untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai bakteri dan virus. Vaksin memperkecil resiko seseorang terkena penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.

Pemberian vaksin kepada anak sangat efektif menurunkan angka kematian dini. "Pada prinsipnya pemberian vaksin pada anak dilakukan untuk membangkitkan daya tahan tubuh orang tersebut, sehingga waktu ada virus masuk dia sudah punya daya tahan tubuh untuk melawan kuman atau virus tersebut," katanya.

Setelah dilakukan imunisasi campak akan ada beberapa efek samping pemberian imunisasi anak yang mungkin akan diderita oleh anak. Gejala yang umum sebagai efek adalajh demam serta kulit memerah selama 3 hari. Lalu apakah demam ini wajar?

Hal ini wajar dan normal karena ketika vaksin disuntikkan dalam tubuh, maka tubuh sang anak tersebut akan melawan zat yang dianggap asing ini dengan membentuk pasukan perlawanan.

Naiknya suhu tubuh atau kulit karena vaksinasi imunisasi yang memerah adalah merupakan efek yang wajar karena terjadinya penolakan tersebut oleh sang tubuh itu sendiri.


EmoticonEmoticon