Makanan Pengganti ASI

Makanan Pengganti ASI.
Bismillah...Postingan terakhir Sehat Kita Semua kolesterol jahat maka pagi ini akan memposting mengenai masalah kesehatan bayi yaitu makanan pengganti ASI.

ASI memang memberikan keuntungan yang tidak dapat digantikan dengan makanan pengganti apapun, namun kebanyakan bayi yang diberi susu formula tumbuh cukup sehat setidak-tidaknya di negara-negara maju seperti USA.
Setelah usia 6 bulan, bayi memang perlu mendapat makanan pendamping ASI (MP-ASI). Karena, semakin bertambah usia, kebutuhan gizi anak pun semakin meningkat. Kebutuhan gizi ini tidak cukup dari ASI saja, tetapi juga harus diperoleh dari makanan padat pertama, berupa buah dan bubur susu.


Di bawah ini beberapa prinsip pemberian makanan pengganti ASI yang perlu diketahui oleh para ibu dan juga para orang tua yaitu :
  1. Berilah ASI eksklusif sejak lahir sampai usia 6 bulan, selanjutnya tambahkan MP ASI (Makanan Pengganti ASI) mulai usia 6 bulan, sementara ASI dilanjutkan.
  2. Lanjutkan ASI sesuai keadaan sampai usia 2 tahun atau lebih.
  3. Terapkan perilaku hidup bersih dah higienis serta penanganan makanan yang baik dan tepat.
  4. Mulai pemberian makanan pengganti ASI pada usia 6 bulan dengan jumlah sedikit kemudian secara bertahap dinaikkan sesuai usia bayi, sementara ASI tetap sering diberikan.
  5. Secara bertahap, kepadatan dan variasinya ditambah sesuai kebutuhan dan kemampuan bayi.
  6. Frekuensi pemberian makanan pengganti ASI semakin sering sejalan dengan bertambahnya usia bayi.
  7. Berikan variasi makanan yang kaya akan nutrisi untuk memastikan bahwa seluruh kebutuhan nutrisi terpenuhi.
  8. Gunakan makanan pengganti ASI yang diperkaya dengan vitamin dan mineral, atau berikan vitamin dan mineral bila perlu.

Terima kasih sahabat telah membaca artikel mengenai makanan pengganti ASI. Semoga artikel prinsip pemberian makanan pengganti ASI ini bisa berguna serta bermanfaat.


EmoticonEmoticon