Home » , » Penyebab ASI Tidak Keluar

Penyebab ASI Tidak Keluar

Penyebab ASI Tidak Keluar
Setelah postingan kemarin yang terakhir yang berkutat kembali mengenai asuhan keperawatan yaitu Askep Kateterisasi ( Koronary Angiografi ) maka hari ini mengawali Bulan Desember 2011 kita akan kembali memposting kesehatan ibu yaitu mengenai Penyebab ASI Tidak Keluar.Postingan ini adalah request salah seorang sobat blogger.

Pada beberapa ibu yang dalam masa menyusui terkadang Air Susu Ibunya tidak bisa keluar atau pun berproduksi.Dalam keadaan normal produksi ASI di pengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah faktor Fisik dan Psikologis.Bila kedua faktor tersebut tidak terpenuhi dengan baik atau pun mengalami hambatan dan gangguan maka ASI tidak keluar.

Penyebab ASI tidak keluar, mengapa ASI tidak keluar, Produksi ASI

Faktor fisik terutama mengenai :
  • Asupan Gizi Ibu yang mencukupi, seimbang, dan sehat.
  • Faktor kesehatan ibu juga memegang peranan penting dalam menunjang produksi ASI yang cukup, termasuk dalam hal ini adalah faktor hormonal dan istirahat yang cukup.

Faktor Psikologis meliputi perasaan :
  • Nyaman
  • Yakin
  • Berpikiran positif
Dengan ketiga hal tersebut Insya Allah produksi ASI akan lancar.

Satu hal yang tidak kalah penting dalam hal ini adalah faktor dukungan dari sekitar dan orang yang terdekat, yaitu suami dan anggota keluarga lainnya.Begitu pula dukungan dari lingkungan pekerjaan tempat bekerja sang ibu bila sang ibu tersebut bekerja misalnya seperti tersedianya ruangan khusus untuk memerah ASI, lemari es untk menyimpan ASI perah dan sebagainya.

Dukungan postif akan lebih membuat ibu merasa nyaman dan yakin akan pilihannya dalam memberikan ASI seoptimal mungkin.Dengan demikian, produksi ASI akan sangat mencukupi untuk si buah hati.

Demikian yang sedikit sobat dan terima kasih telah membaca artikel penyebab ASI tidak keluar. Semoga artikel Penyebab ASI Tidak Keluar ini bisa berguna serta bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment