Penyebab Tanda Anemia

Penyebab Tanda Anemia - Penyebab Dan Tanda Gejala Anemia Biasanya Tanda gejala anemia bermacam-macam mulai dari cepat lelah, kurang bergairah, tidak konsentrasi, kurangnya selera makan, pusing, sesak napas, merasa mual dan jantung terasa berdebar-debar.

Bila sobat dan rekan-rekan selakian mengalami hal tersebut berarti sobat kemungkinan sedang mengalami apa yang dinamakan dengan anemia kurang darah.

Anemia adalah suatu keadaan dimana saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (HB)(protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Itu adalah kurang lebih pengertian anemia ditinjau dari sisi medisnya.

Hemoglobin yang tadi disebutkan diatas merupakan pigmen yang membuat sel darah itu berwarna merah yang pada akhirnya hal tersebut akan membuat darah manusia berwarna merah.

Fungsi hemoglobin (HB) ini merupakan sebuah media transport oksigen dari paru paru ke seluruh jaringan tubuh.

Oksigen merupakan bagian terpenting dari proses metabolisme tubuh untuk dapat menghasilkan energi yang nantinya kita gunakan dalam beraktifitas sehari-hari.

Hemoglobin ini juga dapat berfungsi membawa karbondioksida hasil metabolisme dari jaringan tubuh ke paru paru untuk selanjutnya dikeluarkan saat bernafas.

Penyebab Tanda Anemia

Untuk itulah salah satu penyebab mengantuk ini adalah salah satunya karena tubuh kita kekurangan HB Hemoglobin.

Ada beberapa penyebab anemia ini dan anemia disebabkan kondisi atau keadaan berikut ini dan diantaranya yaitu :
  1. Perdarahan (Dikarenakan luka atau hal lainnya). Perdarahan yang banyak saat trauma baik itu yang terjadi di dalam maupun di luar tubuh akan menyebabkan anemia dalam waktu yang relatif singkat. Perdarahan dalam jumlah banyak biasanya terjadi pada maag yang kronis yang menyebabkan perlukaan pada dinding lambung. Atau juga bisa karena pemberian obat jantung (pengencer darah) dan orang tersebut tidak tahan akan obat tersebut.
  2. Sel darah merah berkurang atau kurang gizi (zat besi,vit B2, B12).
  3. Penyakit gagal ginjal.
  4. Kanker.
  5. Kelainan Genetik. Penyakit karena kelainan genetik yang berkaitan dengan penyakit anemia ini contohnya adalah Thalasemia. Thalasemia adalah gangguan genetik yang dimamana produksi hemoglobin menjadi sangat rendah.
Lalu bagaimana kita mengenali gejala anemia bila kekurangan darah dan HB ini menimpa kita semua. Kita dapat mengenali akan tanda anemia serta juga gejala kekurangan darah bila tanda-tanda berikut ini terdapat pada diri kita masing-masing :
  1. Mudah letih / lelah bila kita melakukan aktivitas fisik atau mental.
  2. Sakit kepala / pusing.
  3. Tidak nafsu makan.
  4. Wajah yang terlihat pucat.
  5. Nafas terasa pendek.
  6. Bila keadaan serta kondisi penyakit anemia ini bertambah berat bisa menyebabkan penyakit jantung (serangan jantung / infark miokard akut).
Untuk itu kita juga memerlukan pengetahuan bagaimana cara mengatasi anemia kurang darah ini. Yang termudah bagi kita untuk mencegah anemia kurang darah ini adalah dengan kita banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, seledri, lubis, kembang kol, kankung, dan kentang manis.

Selain itu juga kita perlu pula mengkonsumsi buah-buah segar. Seperti aprikot, semangka, apel, anggur, kismis dan buah plum yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh kita.


EmoticonEmoticon