Jajanan Sehat Anak Sekolah

Tips cara memilih jajanan sehat bagi anak-anak sekolah kita memang perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik oleh para orang tua. Karena memang pada jaman sekarang ini jajanan kurang sehat dan berbahaya bagi kesehatan anak juga banyak beredar baik itu disadari maupun tidak oleh kita semuanya. Dan makanan serta jajanan yang mengandung bahan kimia dan berbahaya bila dikonsumsi dalam waktu yang lama dan terus menerus akan bisa menimbulkan berbagai macam jenis penyakit di kemudian harinya nanti.

Kriteria Syarat Jajanan Makanan Yang Sehat

Jajanan yang terbebas dari bahan kimiawi dan berbahaya memang mempunyai ciri kriteria tertentu. Seperti contohnya warna jajanan yang tidak terlalu mencolok. Karena pada umumnya makanan yang berwarna mencolok ditambahi dengan zat pewarna makanan yang bukan untuk makanan. Tidak jarang ditemukan bahan pewarna tekstil yang digunakan untuk menarik minat anak-anak sekolah.

Memilih Jajanan Sehat Anak Sekolah

Makanan Yang Sehat harus memiliki ciri sebagai berikut seperti yang pernah diutarakan oleh Dra. Zulaimah Msi Apt selaku Kepala BPOM Semarang yaitu terbebas dari bahaya fisik, kimia dan biologis.
  • Bahaya jajanan dalam hal fisik antara lain adalah benda asing yang ada dalam makanan. Seperti halnya kuku, rambut, serangga yang mati, potongan plastik maupun yang lainnya.
  • Bahaya Kimia Makanan antara lain adalah merupakan dan adanya pencemaran zat kimia seperti halnya cairan pembersih, pestisida dan lainnya yang tentunya akan membahayakan kesehatan anak anak kita nantinya. Atau juga diakibatkan racun di bahan makanan sendiri sepeti halnya jamur racun, singkong racun dan lainnya.
  • Bahaya Bilogis maksudnya adalah dapat disebabkan mikroba patogen. Karena mikroba jenis ini akan bisa menyebabkan keracunan makanan. Bentuknya bisa berupa virus, parasit atau pun bakteri.

Hindari Makanan Jajanan Yang Tidak Sehat

Jajanan anak-anak yang dijual di sekitar sekolah memang harus selektif. Semuanya ini adalah demi kesehatan anak-anak kita semuanya. Hindari jajan yang dijual di tempat terbuka serta tanpa penutup atau tidak dilindungi oleh kemasan makanan tersebut. Hindari pula makanan yang distaples serta yang mengandung benda asing. Dan jangan pula karena memilih jajan sembarang akan bisa membuat dan menyebabkan anak menjadi diare nantinya.

Cara membeli makanan di tempat makanan adalah dengan kita mengajarkan anak-anak kita untuk bisa memilih tempat jualan makanan di tempat yang bersih, serta juga terhindar dari matahari, debu, hujan, dan asap kendaraan bermotor secara langsung. Satu hal lagi ajarkan pula pada anak untuk tidak terbiasa membeli makanan atau jajanan yang dibungkus dengan kertas bekas atau pun koran bekas.

Hati-hati pula dengan jenis makanan yang murah. Karena hal ini biasanya mengandung bahan pangan yang sintesis berlebihan atau bahkan bahan pangan yang berbahaya dan biasanya dijual dengan harga yang murah. Cermati pula bila bahan makanan terebut memiliki wara yang cerah dan mencolok, karena besar kemungkinan mengandung pewarna non makanan.

Mengajarkan dan Melatih Anak Memilih Jajanan Sehat

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para orang tua dalam hal menjaga kesehatan anak dengan cara memilih jajanan yang sehat antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Orangtua harus mengedukasi anak agar selalu memilih jajanan yang aman,salah satunya adalah dengan membawakan bekal yang dipilih dan disiapkan sendiri oleh orang tua.Orang tua juga dapat menunjukkan kepada anak-anak tempat-tempat yang higienis dan sehat untuk membeli makanan, misalnya di kantin sekolah yang memenuhi syarat kebersihan.
  2. Biasanya di sekolah, anak-anak akan memilih jajanan yang dijajakan di pinggir jalan atau dekat sekolah. Ajari anak untuk memilih jajanan yang bersih, tidak dihinggap lalat, yang penjualnya menjaga kebersihan diri, dan kemasan makanannya aman. Kalau perlu, sesekali datang ke lingkungan sekolah dan amati jajanan mana saja yang aman bagi anak Anda
  3. Jajanan harus memenuhi syarat keseimbangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat beraktivitas. Jajanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang porsinya berimbang. Makanan bergizi seimbang sangat penting untuk pertumbuhan yang optimal pada anak-anak dan sebagai dasar fondasi hidup sehat untuk masa yang akan datang
  4. Tidak ada satu makanan yang sempurna, yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan gizi seseorang. Oleh karena itu, makan harus bervariasi, agar kebutuhan akan setiap zat gizi terpenuhi. Nasihati anak agar tidak hanya memilih satu jenis jajanan saja.
  5. Dengan selalu menyediakan jajanan atau penganan sehat bagi anak. Silakan rekan-rekan membacanya di artikel mengenai hal terkait ini di Tips Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat.


EmoticonEmoticon