Tanda Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Mengetahui ciri tanda gagal ginjal kronis atau gagal ginjal akut adalah merupakan salah satu cara mengantisipasi dan mencegah penyakit ini bertambah tingkatannya. Pada permulaan, gagal ginjal mugkin asymptomatic (tidak memberikan samasekali gejala-gejala). Ketika fungsi ginjal berkurang, gejala-gejalanya dihubungkan dengan ketidakmampuannya untuk proses mengatur keseimbangan-keseimbangan air dan elektrolit-elektrolitnya.

Dan untuk membersihkan limbah dari tubuh, dan mempromosikan produksi sel darah merah. Kelesuan, lemah, napas pendek, dan pembengkakkan yang umum dapat terjadi. Tidak disadari atau tidak dirawat, keadaan-keadaan yang membahayakan jiwa dapat berkembang lebih lanjut.

Tanda Gejala Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal kronis adalah merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena hilangnya fungsi ginjal yang terjadi secara bertahap. Ketika hal tersebut terjadi maka cairan, elektrolit, dan kotoran akan bercampur di dalam darah. Sedangkan penyakit gagal ginjal yang lain yaitu gagal ginjal akut, merupakan penyakit ginjal yang disebabkan oleh hilangnya kemampuan ginjal untuk menyaring darah secara tiba-tiba

Seperti yang pernah diulas di dalam artikel Penyebab Gagal Ginjal bahwa manfaat dan fungsi ginjal salah satunya adalah sebagai alat penyaring atau pencuci darah dan juga sebagai pembuang zat-zat yang tidak berguna (fungsi sekresi) dan juga ginjal bertugas menjaga keseimbangan air, keasaman darah dan juga elektrolit dalam tubuh kita.

Penyakit ginjal dikenal sebagai 'silent disease ' karena sering tak ada tanda-tanda peringatan. Jika tak terdeteksi, hal itu hanya akan memperburuk kondisinya dari waktu ke waktu. Bentuk yang lebih kronis penyakit ginjal ialah hilangnya secara progresif fungsi ginjal dalam tubuh selama periode bulan atau tahun.

Bahkan kerapkali, penyakit ini hanya didiagnosis dari hasil dari skrining untuk diketahui berada di tingkat mana risiko tinggi penyakit ginjalnya.

Faktor Resiko Tinggi Gagal Ginjal

Ada beberapa golongan oang-orang yang mempunyai resikot tinggi untuk terkena penyakit ginjal ini. Mempunyai resiko bukan berarti orang tersebut pasti terkena penyakit ini. Hanya saja mempunyai potensi kecenderungan untuk terkena penyakit ini lebih tinggi dibandingkan dengan yang normal atau tidak mempunyai faktor resiko.

Diantara resiko tinggi nya adalah sebagai berikut :
  1. Penderita Penyakit DM diabetes.
  2. Tekanan Darah Tinggi.
  3. Mempunyai riwayat keluarga penyakit ginjal.
  4. Batu Ginjal
Tanda-tanda penyakit gagal ginjal kronis ini berkembang dengan perlahan, gejala tersebut antara lain :
  • Merasa mual berakhir muntah-muntah.
  • Berkurangnya kandungan urine saat buang air kecil.
  • Merasa lelah dan lemah.
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Menurunnya mental secara signifikan.
  • Mempunyai masalah dengan tidur.
  • Munculnya rasa gatal.
  • Otot kejang dan berkedut.
  • Mengalami bengkak pada area kaki
Tetapi yang harus digarisbawahi juga bahwa seseorang dengan gejala tersebut diatas juga tidak selalu mendetita gagal ginjal. Diagnosis ditegakkan oleh dokter selaku tenaga kesehatan yang berkompeten di dalam bidangnya yang diserta dengan adanya bukti pada hasil pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang medis lainnya.


EmoticonEmoticon