Pendaftaran CPNS 2014 Untuk Semua Formasi Jurusan

Formasi lowongan seleksi tes cpns 2014 yang akan diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia akan tersedia bagi semua lulusan sarjana semua jurusan yang ada. Alokasi formasi CPNS 2014 khusus untuk terkait dengan ini adalah sebesar 5 % dari formasi keseluruhan calon pegawai negeri sipil yang akan direkrut oleh pemerintah pusat atau pun pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar sebagai usaha dan sarana dalam rangka memberikan kesempatan kepada para sarjana jurusannya tidak ada dalam formasi yang telah ditetapkan untuk mengisi jabatan tertentu, pemerintah akan mengalokasikan 5% dari formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada penerimaan tahun ini untuk para sarjana dari semua jurusan.

Pendaftaran CPNS 2014 Untuk Semua Formasi Jurusan

Demikian adalah pemberitaan yang dimuat di dalam laman situs setkab.go.id yang membuat berita tentang Pemerintah Alokasikan 5% Formasi CPNS Untuk Semua Jurusan pada headline tanggal 3 Juni 2014 ini. Sehingga informasi mengenai hal yang berhubungan juga dengan dimulainya proses Penerimaan CPNS 2014 Bulan Juni akan segera direalisasikan oleh pemerintah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, gagasan mengalokasikan formasi CPNS untuk sarjana dari semua jurusan itu terinspirasi dari sejumlah bank yang ternyata menerima pegawai dari semua jurusan.

“Bahkan ada seorang sarjana Teknik Nuklir yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama sebuah bank BUMN, dan ternyata sukses,” kata Azwar saat memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Senin (2/6) pagi.

Menurut Azwar, beberapa bank besar seperti lowongan kerja Citibank, Bank Mandiri, dari Bank BNI menerima pegawai dari semua jurusan, baik teknik, manajemen, ekonomi, accounting, sastra, pertanian, kehutanan, dan sebagainya.

Menteri PAN-RB itu memahami bahwa dalam rekrutmen CPNS belakangan ini ada beberapa jurusan yang tidak ada formasinya. Karena itu, dalam rekrutmen CPNS dan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada umumnya, tetap ada formasi untuk jabatan fungsional tertentu, dan akan dibuka formasi untuk semua jurusan.

“Jumlahnya tidak banyak, maksimal lima persen dari formasi. Jangan sampai mereka bilang, lulusan ini kok tidak ada formasinya,” papar Azwar.

Ia menyebutkan, menurut rencana, sekitar pertengahan Juni ini pemerintah akan menetapkan formasi penerimaan CPNS ASN dari masing-masing instansi pemerintah, untuk selanjutnya lowongannya diumumkan.

“Pelaksanaan pendaftaran dan test kompetensi dasar mudah-mudahan bisa dimulai pertengahan Juli, setelah pemilihan presiden,” pungkas Azwar.


EmoticonEmoticon