Manfaat Stres Untuk Kesehatan Dan Kehidupan

Ternyata ada hikmah manfaat stress bagi kesehatan yang tidak kita sadari. Memanajemen stress dengan baik justru akan meningkatkan kesehatan baik secara fisik maupun psikologis asalkan tidak dibiarkan terlalu lama dan tidak segera dicarikan solusi pemecahan masalah dari yang sedang kita hadapi.

Stres merupakan salah satu hal yang sehat karena memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan kita sehari-hari. Tanpa itu, kita tidak akan memiliki energi yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan. Dan tidak ada seorang pun yang bisa terbebas dari masalah yang satu ini.

Stres merupakan hal yang bisa dengan mudah Anda temui setiap hari. Disadari atau tidak diri kita sendiri pun pasti akan mengalaminya. Penyebab stress bisa diakibatkan oleh karena tekanan hidup, masalah persoalan pekerjaan, dan lingkungan sosial terasa begitu menekan.

Banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa stres bisa menurunkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Tetapi bagaimana dengan penelitian yang menyebutkan bahwa stres ternyata bisa menyehatkan.

Tidak jarang pula seseorang yang sedang mengalami stres akan terkena depresi yang tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh.Karena itulah orang cenderung mencari menjauhi Tanda Gejala Penyebab Stress karena menganggap berdampak buruk bagi tubuh.

Tapi ternyata, terlalu sedikit stress juga bukanlah sesuatu yang ideal. Riset mengatakan bahwa sedikit mengalami stres baik bagi kesehatan Anda dan tidak selalu buruk. Hal ini disebut dengan 'good stress' atau 'stres yang baik.'

Manfaat Stres Untuk Kesehatan

Manfaat Dampak Pengaruh Positif Stress Bagi Kehidupan Dan Kesehatan


Tidak selamanya stres itu buruk untuk kesehatan sebab apa yang diciptakan tuhan untuk manusia ada manfaatnya namun jika semua itu berlebihan maka akan berdampak buruk bagi manusia.

Salah satu contohnya stres jika kita mengalami stres secara terus menerus maka kesehatan kita akan terganggu namun kita juga harus tahu jika sebenarnya stres juga dibutuhkan oleh tubuh manusia dan memiliki berbagai manfaat bila dilakukan dengan koping terhadap stres dengan baik pula.

Berikut beberapa manfaat stress terhadap kesehatan yang positif seperti informasi yang dilansir dari media boldsky.com antara lain adalah sebagai berikut :

Meningkatkan Kreativitas

Percaya atau tidak, stres dan tenggat waktu bisa membuat kita ketika mengalami masalah atau stres lebih kreatif. Sebab kita dengan demikian akan menggunakan segala kemampuan dan pikiran kita sendiri agar berhasil dalam memecahkan permasalahan dan persoalan yang sedang kita hadapi.

Hal ini disebabkan karena jika pikiran kita selalu tenang dan santai, maka pikiran kita tidak akan pernah melihat suatu hal dalam sudut pandang yang berbeda. Berbeda halnya saat kita mengalami stres karena berusaha menemukan pemikiran kreatif, pikiran kita akan berusaha melihat semua alternatif yang ada dalam sudut pandang yang berbeda-beda dari pemikiran kita biasanya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres interval pendek dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita yang mengalaminy. Namun stres dengan interval yang panjang dan berlarut-larut tanpa bisa menyelesaikan dengan baik maka hal ini justru akan membahayakan kesehatan.

Penelitian lain membuktikan bahwa stres jangka pendek dapat meningkatkan ketahanan tubuh Anda. Pada saat kita mengalami stres, tubuh kita akan merilis sebuah hormon yang dikenal dengan nama cortisol (hormon stres), hormon ini akan meningkatkan ketahanan tubuh kita.

Di sisi lain, jika kita terlalu sering mengalami stres dan tekanannya sangat tinggi (stres kronis), hal ini akan berdampak sebaliknya. Anda akan mengalami kelebihan hormon kortisol yang akan mengarah ke penyakit seperti obesitas dan juga diabetes.

Manfaat Dampak Pengaruh Positif Stress Bagi Kehidupan Dan Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan

Tahukah kita semuanya bahwasannya olahraga sebenarnya merupakan salah satu bentuk memberikan stres jangka pendek (good stress) ke tubuh Anda? Mengangkat beban, berlari, bersepeda dan olahraga lainnya merupakan bentuk nyata “good stress.”

Yang mana bila hal tersebut kita dilakukan secara berkala pada akhirnya akan mengurangi tingkat stres dan meningkatkan hormon endhorphin yang akan membuat kita akan merasakan sensasi ‘rasa enak (segar)’ pada tubuh kita sendiri yang menjalaninya.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Sebuah penelitian unik menyebutkan bahwa kemampuan siswa yang berada di bawah tekanan justru akan meningkat. Contohnya bila para siswa akan menghadapi ujian sekolah atau pun Ujian Nasional maka stres yang dihadapi para siswa akan membuat mereka belajar dengan lebih baik agar mendapatkan nilai yang baik pula

Menjadi Lebih Sukses

Stres bisa membuat lebih sukses, tidak percaya? Saat kita stres tentunya hal ini akan memotivasi diri kita supaya menjadi lebih bersemangat. Kita akan berusaha untuk menghilangkan hambatan yang terjadi dan bertekad untuk melakukan perubahan dalam hidup sehari-hari.

Stres ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita jika dikelola dengan baik. Namun kita juga tetap harus berhati-hati sebab stres yang berkepanjangan juga bisa merusak kesehatan fisik dan mental.

Jadi, bertemanlah dengan stres yang hinggap di diri kita dengan menemukan solusi pemecahan yang berdampak positif dan baik pada diri kita sendiri.

2 komentar

buat kesehatan ternyata bisa yaa .. tapi koo sakit bukannya karna stress kan

mudah2an diberi kekuatan tidak ssstres berkepanjangan , kepada kita semua Amin


EmoticonEmoticon