Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Kecerdasan Anak

Manfaat tujuan pentingnya sarapan pagi untuk kesehatan dan kecerdasan anak tentunya harus menjadi perhatian bagi orang tua agar dalam menempuh pendidikan sekolah agar bisa berjalan dengan optimal selaras dengan kesehatan pertumbuhan perkembangan dan kecerdasan otak anak itu sendiri.

Sarapan pagi sangat penting dan sangat baik untuk tubuh dalam rangka untuk menambah energi dan mempertajam ingatan serta konsentrasi belajar anak di sekolah.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mereka yang rajin sarapan pagi berisiko lebih rendah untuk mudah lelah, merasa lemas dan kehilangan kesadaran karena perut sudah diisi dengan makanan yang bergizi serta bernutrisi yang tinggi.

Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Kecerdasan Anak

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak


Kegiatan sehari-hari anak adalah belajar di sekolah selain bermain dan beraktifitas lainnya. Untuk itulah pentingnya para orang tua untuk mengetahui akan berbagai manfaat tujuan alasan dan pentingnya sarapan makan pagi sebelum berangkat sekolah untuk menunjang kesehatan tubuh anak dan juga menunjang proses belajar mengajar di sekolah.

Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, Ms selaku Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia menegaskan sarapan sehat bukan hanya mencegah rasa lapar tetapi juga harus memenuhi kebutuhan gizi harian.

"Sarapan harus dilaksanakan sebelum jam 9 pagi. karena tubuh anak membutuhkan penambahan energi setelah puasa 8-10 jam pada saat tidur. Kebiasaan n sarapan sehat terbukti membantu anak fokus belajar dan berprestasi," paparnya. Seperti informasi yang dilansir dari Tribunnews dengan pemberitaan "Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Pukul Jam 9 Pagi"

Sementara itu Agus Sartono, selaku pengurus Pergizi Pangan Jawa Tengah menyebutkan tujuh dari 10 anak Indonesia kekurangan gizi sarapan yang memengaruhi kemampuan menangkap pelajaran dan aktivitas fisik.

Menurut Agus kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sarapan sehat sebelum pukul 09.00 WIB harus terus digalakkan.

"Kebanyakan orang tua sekarang kan sibuk, anak-anak juga sibuk, tidak sempat sarapan. Akhirnya, memilih sarapan cepat, seperti mengonsumi mi instan tanpa dilengkapi lauk pauk yang bergizi," katanya.

Kalau kebiasaan sarapan kurang bergizi atau tidak sarapan itu tidak segera dibenahi, kata Agus, Indonesia akan tertinggal dari negara-negara tetangga dalam menciptakan generasi tangguh.

Berikut ini beberapa manfaat sarapan bagi kesehatan dan kecerdasan otak anak antara lain adalah sebagai berikut :

Meningkatkan Menjaga Kesehatan Anak

Dengan anak-anak sebelum berangkat sekolah dibiasakan untuk sarapan pagi dengan menu yang sehat bergizi dan mengandung cukup vitamin mineral dan zat-zat penting lainnya maka hal ini akan dapat menunjang aktifitas fisik sang anak dalam menempuh pendidikan di bangku sekolah.

Sarapan untuk anak memang sangat banyak manfaatnya, bagi anak yang sarapan sebelum memulai kegiatannya mempunyai perbedaan dengan anak yang tidak sarapan pagi, perbedaan ini bisa dilihat dari bentuk fisik dan psikologis anak tersebut dan respon terhadap suatu kegiatan yang dilakukan dan yang diterimanya seperti dalam proses ajar mengajar dalam sekolah.

Menguatkan Tubuh

Ini sudah pasti manfaatnya diperoleh bagi anak yang sarapan di pagi hari, ia akan mempunyai tubuh yang kuat ini akan menambah semangatnya dalam menjalani semua kegiatannya tanpa merasa lemas.

Bagi anak yang sudah terbiasa untuk sarapan pagi sebelum memulai kegiatannya, ia akan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat yang berarti tidak akan mudah terserang oleh penyakit, karena tubuh nya sudah diberikan cukup gizi pada pagi hari yang berguna memperkuat sistem imunitas sang buah hati.

Membudayakan Hidup Sehat

Jika sarapan pagi sudah dilakukan menjadi kebiasaan menjadi budaya dan rutinitas dalam keseharian sang anak maka hal ini merupakan satu langkah yang baik karena dengan seperti ini anak akan terhindar untuk mencari makanan yang kurang baik bagi kesehatan untuk pengganti sarapan paginya.

Dan juga mencegah anak untuk membeli jenis macam jajanan tidak sehat di sekolahnya dan juga terhindar dari penyakit akibat jajanan makanan yang tidak sehat pula.

Baca juga informasi berikut ini : Jajanan Sehat Anak Sekolah.

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak

Meningkatkan Daya Konsentrasi Belajar Anak

Salah satu manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah adalah meningkatkan kinerja dan juga konsentrasi. Anak sekolah membutuhkan konsentrasi tinggi agar bisa menerima pelajaran dengan lebih baik dan lebih cepat dan dengan mengkonsumsi sarapan konsentrasi belajar akan berada dalam level yang lebih tinggi dibandingkan dengan tidak sarapan sama sekali.

Usahakan agar makanan yang anak-anak konsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi serta cukup mengenyangkan dalam menu sarapan pagi sebelum berangkat sekolah.

Serta juga menjaga konsentrasi belajar anak. Ada hubungan langsung antara stamina tubuh dengan konsentrasi belajar. Siswa yang sarapan pagi lebih berpeluang memusatkan perhatian pada apa yang dipelajari. Artinya, sarapan pagi sebelum berangkat sekolah bermanfaat untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi belajar siswa.

Stamina tubuh yang prima dan konsentrasi yang bagus dalam belajar akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Oleh sebab itu sarapan pagi ini menjadi perhatian bagi siswa maupun orang tua di rumah

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat sarapan pagi bagi kecerdasan otak anak bisa diraih dan diperoleh bila semua komponen makanan yang anak-anak konsumsi adalah makanan sehat, yang terdiri dari 4 sehat dan 5 sempurna.

Bagi anak yang yang tidak suka mengkonsumsi makanan berat sebagai menu sarapan pagi yang sehat namun tetap ingin memenuhi komponen 4 sehat 5 sempurna maka orang tua bisa membuat sandwich sehat yang isinya adalah ikan tuna, sayuran segar serta keju, jangan lupakan buah dan susunya.

Pastikan jika semua bahan makanan yang orang tua sajikan dan hidangkan untuk anak-anak digunakan dalam kondisi terbaik karena kondisi bahan makanan juga memengaruhi kecerdasan otak.

Baca juga informasi berikut ini : Tips Cara Kiat Stimulasi Kecerdasan Otak Anak Sejak Dini.

Logika sederhananya bagaimana otak bisa cerdas bila makanan yang setiap harinya kita konsumsi adalah junk food atau makanan yang berkualitas buruk dan tidak sehat.

Manfaat sarapan bagi anak karena memang di dalam sarapan pagi tersebut adalah makanan khusus untuk otak. Hal ini didukung oleh penelitian bahwa sarapan berhubungan dengan kecerdasan mental karena memberi nilai positif terhadap aktivitas otak.

Otak jadi lebih cerdas, peka, dan lebih mudah berkonsentrasi. Secara tak langsung, ini mendatangkan pengaruh positif terhadap diri anak dalam beraktivitas di sekolah dan hubungan sosial dengan teman-temannya.

1 komentar

betul, setuju, dan sependapat, agar generasi yang akan datang sehat, cerdas dan beraklaq mulia. terima kasih atas berbagi ilmunya.


EmoticonEmoticon