Soal UN 2016 Memakai Kurikulum KTSP 2006 Dan Kurikulum 2013

Jadwal Ujian Nasional Tahun 2016 berdasarkan penetapan dari Pemerintah Dan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan adalah direncanakan diadakan diselenggarakan pada bulan Februari 2016 nanti.

Materi dan soal-soal ujian nasional akan menggunakan sistem cetak dan komputer dan menggunakan 2 kurikulum sekaligus yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) 2006 dan juga Kurikulum 2013 (K-13)

Soal UN 2016 Memakai Kurikulum KTSP 2006 Dan Kurikulum 2013

Pemerintah pada tahun 2016 masih akan tetap mengadakan Ujian Nasional sebagai salah satu uji coba skala nasional, dan untuk meranking provinsi mana yang mempunyai nilai terbaik dari provinsi lainnya.

Berbeda dengan sistem UN SMA 2016, Ujian Nasional SMP 2016 akan banyak mempunyai peran dan manfaat bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Pada beberapa provinsi Nilai dari hasil Ujian Nasional siswa akan digunakan sebagai untuk memasuki SMA yang diinginkan.

Tujuan alasan UN 2016 menggunakan sistem cetak dan juga komputer online adalah bahwasannya setelah pemerintah melihat kondisi sekolah di beberapa wilayah di Indonesia. Hingga kini, masih banyak sekolah yang belum layak mengikuti UN online atau komputer.

Ujian Nasional 2016 Sistem Komputer Computer Based Test (CBT)


"Pelaksanaannya akan akan berbasis cetak dan berbasis komputer," ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno pada rapat koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala LPMP, dan Kepala P4TK seluruh Indonesia seperti informasi yang dirilis jpnn.com.

Dia menambahkan, pihaknya akan menyiapkan soal-soal UN 2016 yang sesuai dengan ketuntasan kurikulum. Kemendikbub juga akan menyiapkan soal UN 2016 dengan menggabungkan dua kurikulum. Yakni KTSP 2006 dengan kurikulum 2013.

"Kisi-kisi UN 2016 yang dikeluarkan Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) bersifat makro, sesuai dengan ketuntasan kurikulum,” ujar Totok

Pelaksanaan ujian nasional 2016 online menggunakan sistem komputer dengan istilah Computer Based Test akan mulai dilakukan dan dilaksanakan di tahun 2016 seperti yang pernah dilakukan oleh Pemerintah dan Kemendikbud di tahun 2015 yang lalu.

Pelaksanaan ujian nasional (UN) computer based test (CBT) bukan berarti pengerjaan soal UN dilakukan secara online. Melainkan dengan memanfaatkan komputer yang tersedia di masing-masing sekolah.

Ujian Nasional 2016 Sistem Komputer Computer Based Test (CBT)

UN berbasis komputer bukan berarti secara daring atau online, melainkan hanya dilakukan lewat perangkat komputer dan tak terhubung internet.

ada sejumlah kelebihan kalau UN dengan komputer, di antaranya, sekolah bisa menentukan lebih tepat waktu ujian dan para siswa pun bisa menentukan kesiapannya untuk menjalani ujian.

UN berbasis komputer juga akan lebih efektif dan efisien karena soal ujian tidak akan habis dan masih dapat digunakan lagi serta mengurangi produksi kertas.

Tujuan manfaat UN memakai komputer adalah menghindari kebocoran soal UN. Ditambah lebih ramah lingkungan dan efisien. Mendikbud membayangkan jika ada 7,3 juta siswa mengikuti UN, maka kertas soal yang dibutuhkan akan sangat banyak. Dengan UN Komputer dianggapnya akan lebih efektif dan efisien.

1 komentar

bagi peserta UN tentusoal UN 2016 dengan menggunakan kurikulum 2006 dan 2013 akanjadi momok yang mengerikan, apalagi jika tidak bersiapmenghadapinya dari sekarang.


EmoticonEmoticon