Kenali Bakat Anak

Kenali Bakat Anak - Tips Kenali Bakat Anak Sebagai orang tua tentunya kita menginginkan kesuksesan bagi setiap anak-anak kita. Berbagai macam cara serta tehnik kita lakukan untuk bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati kita. Mulai dari memberikan privat belajar sendiri, menyekolahkan di sekolah yang favorit dan juga memberikan pengetahauan agama lewat mengaji dan sebagainya. Satu hal yang penting dalam rangka meningkatkan segala bentuk kecerdasan dan juga keahlian banyak dilakukan oleh para orang tua termasuk bagaimana cara kenali bakat anak sedini mungkin agar bakat anak bisa berkembang dengan baik.

Bakat tidak sama dengan kecerdasan. Bakat lebih mengacu pada motorik maupun keterampilan yang ditampilkan anak. Dengan kata lain, bakat bisa terlihat oleh orang lain. Ada banyak cara yang dilakukan adalah terus-menerus mengasah bakat melalui latihan. Bakat tidak akan berkembang bila tak ada penguat, sehingga kemudian hilang. Selain bakat, mereka juga mempunyai minat terhadap bidang yang digeluti. Adanya minat juga akan menguatkan bakat tersebut.

Sebenarnya tiap anak memang dilahirkan unik, dan setiap anak punya karakter yang berbeda satu dengan yang lainnya. Benar bahwasannya orang tua harus bisa mengenali bakat anak sedini mungkin. Dengan mengenali bakat anak sedini mungkin maka bakat anak akan bisa terasah dengan lebih baik dan kita sebagai orang tua perlu mendukungnya dengan cara mengarahkan sebaik dan setepat mungkin sesuai dengan bakat yang dimiliki anak-anak kita.

Namun seorang ibu atau pun orangtua tentunya akan terasa terbantu bila sedari sedini mungkin bisa menggali dan mengenali potensi dan bakat anak. Begitu pula dengan sang anak, anak bisa menggali bakat serta potensi yang dimilikinya dan juga bisa mengisi hari-harinya yang dilaluinya dengan suatu kegiatan yang berarti baginya dan tentunya disukai olehnya.


Beberapa anak memperlihatkan bakat mereka di usia yang sangat muda, sementara anak yang lain belum menemukan talenta saat telah dewasa. Misalnya, seorang anak berbakat menjadi aktor dan sejak kecil sudah memperlihatkan minatnya tersebut dengan tanda bahwa dia senang bergaya di depan cermin. Lantas, anak lain memperlihatkan bakat atlet ketika memasuki usia praremaja. Apa pun bakat yang dimiliki anak kita sebagai orang tua patut mendukung dan menuntunnya supaya bakat itu memacu si anak untuk bisa mencapai apa yang dicita-citakan

Selanjutnya dalam hal membicarakan mengenai mengenali bakat anak sedini mungkin tentunya tak akan terlepas dari peran orang tua dan juga keluarga. Peran orang tua dalam hubungannya mengenali potensi bakat anak dapat dilakukan dalam beberapa cara. Satu hal bila orangtua dapat mengenalinya lebih cepat, orangtua dapat langsung mengarahkan dan membimbing agar minat dan bakat tersebut bisa berkembang. Sebenarnya cara mengamatinya cukup mudah, yaitu orangtua harus jeli dan sabar dalam memperhatikan perkembangan anaknya.

Berikut beberapa cara tips kenali bakat anak yang bisa para orang tua lakukan :
  1. Memberikan perhatian kepada anak. Perhatian dalam hal mengenali bakat anak adalah orang tua bisa berupa dan berwujud dengan memberikan sarana, prasarana, meluangkan waktu mendampingi anak latihan, mengikutkan anak berbagai lomba dan kegiatan, dan sebagainya. Buatlah suasana yang mendukung anak untuk mewujudkan bakatnya tersebut. Sehingga nantinya bakatnya bisa berkembang dengan baik.
  2. Mengamati bakat potensi dalam Lingkup keluarga besar. Amati pola bakat yang ada di masing-masing keluarga besar, baik yang berasal dari sang ayah maupun ibu. Bakat bagaikan "berlian" yang terpendam. Karena bakat itu, orang tua memerlukan kejernihan dalam proses melihat dan juga mengobservasi diri apa potensi / bakat masing-masing dari anak-anaknya. Selain hal tersebut, melihat dan dan juga menelusuri pula generasi sebelumnya, apa potensi dan bakat mereka terdahulu, lalu rumuskan menjadi suatu rumpun bakat yang menjadi cikal bakal bakat si buah hati atau anak-anak. Sebagai suatu contoh : ayah dan ibunya memiliki potensi dan bakat di dalam bidang musik. Kecenderungan ini akan diturunkan pada anak, soal adanya perbedaan aliran atau jenis musik itu hanya perkara selera saja dan tentunya bisa untuk dikompromikan di kemudian hari nantinya. Dan ini adalah salah satu cara untuk kenali bakat anak.
  3. Komitmen dan konsisten. Tentunya untuk mencuatkan bakat, perlu komitmen dan kesungguhan dalam menjalaninya. Hal ini dikarenakan proses dari potensi dan minat mewujud jadi bakat itu perlu waktu dan juga latihan. Jadi harus tekun, disiplin, ulet dan tak bosan, baik anak maupun orangtuanya. Lakukan latihan secara konsisten, karena untuk teraktualisasi menjadi bakat butuh stimulasi yang tetap dan terus-menerus, membentuk habituasi (kebiasaan). Ibarat tanaman butuh diberi pupuk dan disiram serta dirawat dan diperhatikan. Sehingga dengan kita kenali bakat anak sejak dini ini maka kita dapat mengembangkan bakat minat anak seoptimal mungkin.
Dengan beberapa cara mengenali bakat potensi anak-anak kita maka orang tua tidak akan lagi menanyakan bagaimana cara mengenali bakat anak dan juga bagaimana mengembangkan bakat anak yang sejak lahir telah ada dalam diri anak dan buah hati kita. Karena bagaimana anak kita di masa yang akan datang tergantung bagaimana cara kita mendidik dan mengajarkan berbagai hal yang bermanfaat dan juga berbagai pengetahuan yang bisa dimilikinya semasa kecilnya.


EmoticonEmoticon