Pemerintah Pastikan Kenaikan Gaji PNS TNI Polri 6% Tahun 2015

Gaji PNS TNI Polri Naik tahun 2015 sebesar 6% adalah telah masuk di dalam anggaran Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014-2015 yang telah ditetapkan oleh Pemerintahan Presiden SBY di akhir masa jabatannya pada sidang yang digelar di Senayan ketika membacakan RAPBN 2015 yang lalu.

Dan hal itu juga meneruskan apa yang telah tercantum di dalam anggaran RAPBN 2014-2015 pemerintahan Presiden Jokowi dan juga Kabinet Kerja Jokowi juga menuturkan akan kepastian kenaikan gaji pns tahun 2015 ini.

Berikut penuturan Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Keuangan seperti informasi yang dilansir dari tribunnews beberapa hari yang lalu.

Pemerintah tetap akan menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri sebanyak 6 persen pada 2015. "Ya tetaplah (gaji PNS naik). Itu kan menyesuaikan dengan biaya hidup, dengan inflasi," kata Bambang.

Tunjangan Kinerja Remunerasi PNS TNI POLRI 2015


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) terus mempercepat penyelesaian Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Sistem Penggajian PNS TNI Polri.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) berencana untuk mengubah skema tabel daftar kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2015 nantinya. Sehingga dengan demikian pada akhirnya gaji PNS tidak akan dipukul rata dengan persentase tertentu melainkan berdasarkan capaian kinerja.

Pemerintah Pastikan Kenaikan Gaji PNS TNI Polri 6% Tahun 2015

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menyatakan aturan tersebut belum dapat berlaku tahun depan. Oleh karena itu, Rencana Kenaikan Gaji PNS minimal 6% akan tetap terealisasi.

"Kenaikan gaji 6% tetap akan berlaku tahun depan," tegas Akolani saat berbincang dengan media di kantornya, Jakarta, Rabu (8/10/14).

Hal yang sama berlaku untuk uang pensiunan PNS serta anggota TNI/Polri naik 4%. Kemudian uang makan PNS dan uang lauk pauk anggota TNI/Polri naik Rp 5.000 per hari menjadi masing-masing Rp 30.000 per hari dan Rp 50.000 per hari.

Komponen gaji pns tahun 2015 nantinya akan dinilai berasarkan pada hal-hal sebagai berikut :
  1. Gaji Pokok PNS.
  2. Tunjangan Kemahalan PNS.
  3. Tunjangan Kinerja PNS.
Namun demikian Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandy, berencana menolak rencana itu.

Pasalnya para pegawai tersebut haruslah terlebih dahulu menunjukkan peningkatan kinerja PNS.

Bambang mengatakan antara kinerja dan rencana menaikkan gaji sebanyak 6 persen itu adalah dua hal yang berbeda. Kenaikan 6 persen itu adalah kenaikan rutin per tahun yang menyesuaikan dengan inflasi.

Tunjangan Kinerja Remunerasi PNS TNI POLRI 2015

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kenaikkan gaji atas peningkatan kinerja berada di variabel gaji yang berbeda, oleh karena itu pemerintah tetap berencana menaikkan gaji para pegawai tanpa mempertimbangkan kinerja.

"Ada kenaikan berdasarkan inflasi, ada yang kenaikan berdasarkan kinerja. Itu harus dibedakan. Ada yang pokok, ada yang tunjangan," tandasnya.

5 komentar

Pemerintahan sebelum Jokowi pada bulan April begini sudah ada realisasi kenaikan gaji PNS, TNI dan Polri. Sekarang PP saja belum ada. apa kata Dunia ??????

Menteri Yuddy itu bnr2 ga punya hati nurani. Jgn cm ngmng dr blkg meja, turun k lapangan, nyamar jd org biasa yg tdk dikenali, ajak ngobrol para PNS yg sengsara!!! Cb dia menjadi PNS, di daerah, ga pnya tunjangan lain2, cmn gaji pokok + tj.anak + tj.istri + beras, itu thok!!! itu pun dipotong tong tong sm sgl mcm iuran!!! Baik iuran resmi dr Daftar Gaji Induk maupun iuran lain yg bs dilihat di Slip Gaji. Iuran lain ini sbg modal bg penguasa utk kampanye dg mengatakan "ini bantuan dr saya" pdhl nyunat gaji para pns stp bulan. Sementara mrk para eselon yg menduduki jabatan korupsi keruk uang rakyat, sgl fiktif, para bawahan ditekan diperas diinjak2. Anjing memang! Andai ada seorang Super Hero mrk itu pantas dimusnahkan.

REALISASI KAPAN????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Sampe bln april ini kenaikan gaji ga nyampe tuh 6% bahkan 1% nya aja ga nyampeeeeee sementara bbm n gas naiknya berlipat2, belum lagi harga sembako naiknya seenaknya, mana janjinya mau menyejahterakan?????? Jangan diliat gaji pns yg dipusat liat juga gaji pns yg didaerah sekalian liat di bank banyak pns yg menggadaikan sk demi untuk kebutuhan anak sekolah buat benerin rumah, nyesel pilih orang yg salah :'(

pns di papua barat delete May 4, 2015 at 6:53 AM

Aku jg nyesel pilih org yg salah, tiap bln pns cmn trm slip gj mnim apa lg yg tnggal di daerah papua segl ssuatu maaahaaal, kita dah sneng rncna pemritah naikan gj 6% eeeeee
nyampe dua skrng tdk kunjnung teralisasi.............kita terjebak plh org yg slh


EmoticonEmoticon