Home » » Tanda Akan Melahirkan

Tanda Akan Melahirkan

Ad

Pengalaman dalam menjalani proses kelahiran anak tentunya akan menjadi salah satu dari sekian banyak pengalaman yang akan menjadi pengalaman yang berharga bagi sebuah kehidupan keluarga. Karena kebahagiaan akan terpancar di wajah ayah ibu bila seorang bayi lahir di dunia dalam keadaan sehat. Ibu hamil sudah seharusnya dapat pula mengenal akan tanda akan melahirkan akan segara datang agar bisa segera bersiap untuk mendatangi tenaga kesehatan yang memang berkompeten dalam bidang persalinan ini.

Mengenali akan tanda awal persalinan merupakan prioritas penting untuk diketahui dan dipahami oleh para ibu hamil setelah menginjak usia kehamilan 9 bulan. Rasa stres ibu hamil ketika menghadapi dan mendekati hari-hari kelahiran dan persalinan perlu juga mendapat dukungan penuh dari sang suami. Diperlukan pula cara atasi stres bagi ibu hamil pula untuk diketahui.

Doa dan usaha agar proses kehamilan dari awal kehamilan sampai menjelang kelahiran akan segera berakhir bisa tanda-tanda akan melahirkan sudah terjadi pada diri ibu dan proses persalinan bisa dilalui. Mulai dari menjaga dan memenuhi akan kebutuhan nutrisi ibu hamil, melakukan imunisasi pada ibu hamil dan seterusnya. Selain hal tersebut persiapan menjelang kelahiran juga perlu dikerjakan baik itu bagi sang calon ayah atau pun persiapan bagi ibu hamil itu sendiri.

Tanda-tanda akan melahirkan, tanda awal persalinan

Tanda persalinan melahirkan akan bisa dirasakan seorang ibu hamil dalam waktu beberapa hari atau bahkan beberapa jam sebelum proses melahirkan berlangsung dengan sesungguhnya. Pengetahuan akan tanda awal melahirkan ini tidak saja harus diketahui oleh sang ibu, sang ayah juga perlu mengetahuinya. Karena hal inilah seorang suami akan menjadi SUAMI SIAGA yang siap menghantarkan istrinya mendatangi tenaga kesehatan atau pun ke Rumah Sakit bila ciri awal kehamilan berlangsung.

Tanda awal persalinan akan semakin mendekat dapat dikenali ibu hamil dengan adanya tanda akan melahirkan berikut ini :
  1. Keluar lendir yang bercampur dengan darah. Bila ibu hamil dalam masa umur kehamilan 9 bulan mengalami akan hal ini maka segera mendatangi tenaga kesehatan adalah pilihan yang paling tepat. Bloody show adalah juga termasuk dalam tanda khas bahwa proses melahirkan akan segera datang. Bersamaan dengan keluar lendir yang bercampur darah ini akan terjadi juga sebuah proses pelunakan, pelebaran, serta penipisan mulut rahim ibu hamil tersebut.
  2. Pecah Air Ketuban. Bila ibu hamil yang pertama kali biasanya tidak mengenali bahwasannya ketubannya telah pecah. Hal yang bisa dikenali akan hal ini adalah ciri khas air ketuban yang umumnya warna yang bening, tidak berbau, dan akan terus keluar sampai ibu akan melahirkan. Bisa keluar secara cepat atau pun keluar sedikit demi sedikit (merembes). Bila menjumpai tanda tanda-tanda persalinan seperti ini maka harus segera mendapatkan pertolongan persalinan karena air ketuban semakin lama semakin habis dan ini bila dibiarkan akan sangat berbahaya kepada janin yang dikandungnya. Dalam istilah dunia kesehatan disebut dengan Pecah Ketuban Dini (KTD).
  3. Kontraksi (HIS) yang semakin meningkat. Peningkatan kontraksi (kenceng-kenceng) pada ibu hamil yang perlu diwaspadai bila datangnya selama 10 menit dan kontraksinya akan semakin meningkat. Tanda kontraksi pada ibu hamil yang akan melahirkan juga perlu dibedakan dengan adanya kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks). Karena juga ada beberapa kasus adanya braxton hicks ini seorang ibu mendatang tenaga kesehatan dan karena bukan his atau kontraksi akan melahirkan maka biasanya akan disuruh pulang, Karena hal ibu bukanlah termasuk dalam tanda-tanda persalinan sudah dekat.
  4. Sakit nyeri pada daerah pinggul. Penyebab hal ini adalah oleh karena adanya peningkatan pergerakan dan juga pergeseran janin yang mulai menekan pada daerah tersebut. Rasa sakit ini juga harus bisa dibedakan apakah sakit biasa atau karena akan melahirkan. Bila ibu hamil yang pernah melahirkan akan bisa membedakannya, akan tetapi pada ibu hamil anak pertama hal ini juga bisa cukup membingungkan untuk membedakannya. Hal ini juga tidak beda jauh dengan adanya kontraksi ibu hamil ada yang sesungguhnya dan juga ada kontraksi yang palsu pula.
Dengan kita baik ibu hamil atau pun ayah sang calon bayi mengenal tanda persalinan ini maka diharapkan bahwa proses kelahiran dan juga proses persalinan bisa berjalan dengan lancar dan ibu diberikan kesehatan serta juga sang jabang bayi tersebut.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Berbagi Info Dunia Kesehatan | Mencari Ilmu
Copyright © 2010 - 2014. Sehat Kita Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger