Pendaftaran Online CPNS Dan CAT Dibuka Akhir Juli Agustus 2014

Penerimaan tes seleksi CPNS Tahun 2014 diundur oleh Pemerintah dari jadwal sebelumnya bulan Juli menjadi minggu ketiga bulan Juli dan pada bulan Agustus tahun ini. Hal ini berdasarkan pada keterangan dari pemerintah terkait dengan jadwal tes cpns tahun 2014 ini. Menurut jadwal awal pelaksanaan pendaftaran online dimulai pertengahan bulan juli ini.

Akan tetapi terkendala dengan teknis tentang penyusunan formasi cpns 2014 dan lainnya maka jadwal terbaru seleksi calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014 ini mundur pada bulan juli-agustus tahun ini pula.

Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum Kemen PAN-RB yang di lansir dari Solopos.com (15/6/2014), dengan pertimbangan untuk mengoptimalkan persiapan, pemerintah terpaksa mengundurkan masa pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang semula dijadwalkan pada bulan Juni, menjadi minggu ketiga dan keempat di bulan Juli tahun 2014. Sampai berita ini diturunkan, tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) masih melakukan penetapan formasi untuk setiap instansi.

Pendaftaran Online CPNS Dan CAT Dibuka Akhir Juli Agustus 2014

Berikut penjelasan Herman Suryatman selanjutnya terkait dengan hal ini seperti informasi yang dilansir dari halaman jpnn.com (11-6-2014). Pada awal Juli, akan diumumkan formasi tiap masing-masing instansi. Untuk pendaftaran online, rencananya akan mulai dibuka pada minggu ketiga dan keempat bulan Juli," ujar Herman di Jakarta, kemarin.

Sehingga, lanjut dia, tes seleksi CPNS 2014 akan mulai digelar serentak, baik pusat maupun daerah, pada Minggu pertama di bulan Agustus. Herman menuturkan kembali, tahun ini ada 100 ribu kursi yang telah dialokasikan untuk CPNS pemerintah pusat dan daerah. Formasinya, 60 ribu untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan sisanya, 40 ribu, untuk jatah pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).

Hal ini juga akan berlaku pada proses pendaftaran cpns kemenkes 2014 nantinya yang akan dilakukan secara online melalui website resmi Kementrian Kesehatan yaitu di ropeg.kemenkes.or id dan juga pada seleksi tes pendaftaran cpns kemendikbud 2014 yang oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah siapkan dalam tahapan pendaftaran online cpns kemdikbud di laman situs website cpns.kemdikbud.go.id nantinya.

Dan untuk tahapan pendaftaran CPNS Nasional secara online bisa diakses melalui laman website BKN (Badan Kepegawaian Negara) melalui Panselnas (Panitia Seleksi CPNS Nasional 2014) dilaman website situs resmi BKN di sscn.bkn.go.id

Pada tes CPNS tahun ini sendiri ada sesuatu yang istimewa. Pemerintah memberikan jatah 5 persen atau 5 ribu kursi dari 100 ribu kursi tersebut untuk pelamar dari berbagai disiplin ilmu. Hal ini juga berlaku bagi lulusan sarjana yang keahliannya tidak ada dalam formasi, masih berpeluang memperebutkan lima persen formasi umum. Lima persen formasi umum ini diperuntukkan bagi pelamar lulusan apa saja.

Tes CPNS 2014 Semua Menggunakan CAT


Pengumuman mengenai pendaftaran dan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 memang telah fix diundur Juli di penghujung bulan, hal ini berkaitan dengan pengoptimalkan penggunaan sistem tes cpns berbasis komputer (CAT) yang akan diberlakukan di semua daerah berbeda dengan tahun lalu hanya pada beberapa daerah yang mendukung fasilitasnya saja.

Mengenai penjelasan terkait pelaksanaan sistem CAT bahwa tahapan rekrutmen pada tes tulis dengan menggunakan Sistem CAT CPNS 2014, CAT merupakan Computer Assisted Test artinya tes dengan menggunakan sistem berbasis komputer sebagai fasilitas pendukung penentu peserta terbaik yang akan dijadikan sebagai abdi negara.

Sehingga pergantian seleksi rekrutmen online yang tahun kemarin sebagian masih menggunakan LJK (Lembar Jawab Komputer) diganti menjadi sistem online berbasis CAT (Computer Assisted Test) 100% di tahun 2014 ini.


EmoticonEmoticon