Passing Grade Kelulusan CAT CPNS 2014

Penilaian kelulusan ambang batas nilai lulus tes cpns tahun 2014 ini tentunya harus diketahui oleh pelamar dan pendaftar seleksi tes cpns. Karena dengan mengetahui akan sistem passing grade (ambang batas lulus cpns) dalam hal ini akan membuat para peserta harus bisa terlebih dahulu melampaui nilai batas lulus tersebut untuk bisa ke tahapan berikutnya. Mengingat persaingan mendapatkan kursi cpns akan semakin ketat tiap tahunnya.

Penetapan kelulusan CPNS 2014 adalah salah satunya berdasarkan pada asas kompetitif yaitu bahwa semua calon pegawai negeri sipil yang bersaing di dalam seleksi lowongan cpns maka harus memenuhi syarat dalam rangka bersaing secara sehat serta penentuan hasil seleksi didasarkan pada nilai ambang batas tertentu dan/atau nilai terbaik dari seluruh peserta.

Passing Grade merupakan nilai ambang batas kelulusan ujian dari seorang peserta ujian CPNS. Sebenarnya penerapan ambang batas kelulusan CPNS sudah diterapkan pada Penerimaan CPNS 2013 yang lalu. Passing grade digunakan untuk ujian CPNS pada Tes Kompetensi Dasar (TKD). Sedangkan pada TKB (Tes Kompetensi Bidang) nilai kelulusan ujian kompetensi bidang ditentukan berdasarkan peringkat nilai tertinggi.

Passing Grade Kelulusan CAT CPNS 2014

Nilai Ambang Batas CPNS


Pemerintah dalam hal ini adalah Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menetapkan terkait dengan adanya passing grade pada seleksi online tes cpns dengan sistem komputer berbasis CAT (Computer Assisted Test) pada tahun 2014 ini.

Penetapan nilai ambang batas untuk penilaian ujian tes cpns tahun 2014 ini masih dalam tahap kajian dan sepertinya juga tidak akan jauh berbeda dengan tes cpns di tahun 2013 yang lalu. Hal ini juga telah dikemukakan oleh Azwar Abubakar selaku dari Menteri PAN-RB seperti yang dilansir dari media online jpnn.com belum lama ini.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memastikan tidak ada toleransi passing grade. Sehingga kriteria lulus tes cpns 2014 ini adalah yang pertama tentunya harus lolos terlebih dahulu dalam hal mengerjakan soal-soal computer assisted test secara online.

Sedangkan untuk nilai dari jumlah keseluruhan passing grade ujian berbasis CAT (computer assisted test) untuk tes karakteristik pribadi adalah 105, tes intelegensia umum 75, dan tes wawasan kebangsaan 70.

Materi Soal-Soal Tes CAT CPNS 2014


Terkait dengan isi materi kumpulan soal-soal tes cpns online dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) ini di tahun 2014 akan berisikan soal-soal yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan, soal tes karakteristik pribadi, dan tes intelegensia umum.

Materi Soal-Soal Tes CAT CPNS 2014

Pembagian dan tahapan seleksi online cpns dengan sistem komputerisasi ini dari 3 hal tersebut dibagi kembali menjadi beberapa kelompok kecil lainnya yaitu :
  • Untuk kumpulan soal tes cpns dalam hal wawasan kebangsaan in akan terdiri dari soal-soal yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.
  • Untuk kumpulan soal tes cpns online cat 2014 dalam hal karakteristik pribadi terdiri dari yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan lain-lain.
  • Bahasan materi tes cpns tahun 2014 dengan hal yang terkait tes intelegensia umum, akan terdiri dari kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.

3 komentar

untuk semua peserta yang lolos passing grade apakah bisa ikut TKB setelah lolos adm.

please kasi info yang resmi dong berapa pasiing grade CPNS 2014 untuk Kemdikbud

pak, bagaimana keputusannya apabila pelamar yang lulus passing grade kurang dari formasi yang diminta instansi. apakah tetap lanjut ke ujian berikutnya atau peserta tersebut langsung di nyatakan lulus? terima kasih


EmoticonEmoticon