Pendaftaran Online CPNS Kemendikbud 2014 Panselnas cpns kemdikbud go id

Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud September 2014 website panselnas.menpan.go.id dan cpns.kemdikbud.go.id dibuka mulai dari tanggal 4 sampai dengan 17 September 2014 ini. Informasi pengumuman seleksi penerimaan rekrutmen cpns kementrian pendidkan dan kebudayaan ini dilansir diperoleh dari website situs cpns.kemdikbud.go.id

Formasi cpns dosen perguruan tinggi negeri masuk dalam daftar formasi lowongan penerimaan CPNS kementrian pendidikan dan kebudayaan tahun anggaran 2014-2015 ini. Karena memang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan salah satu bagian dari kementerian dalam Pemerintah Republik Indonesia yang membidangi urusan pendidikan dan kebudayaan.

Pendaftaran Online CPNS Kemendikbud 2014
Pendaftaran Online CPNS Kemendikbud 2014

Pengumuman Penerimaan CPNS Kemendikbud 2014
PENGUMUMAN

NOMOR : 106760/A4/KP/2014
TENTANG
SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2014
PELAMAR UMUM

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemdikbud dengan ketentuan sebagai berikut :

Pendaftaran dibuka bagi pelamar umum untuk mengisi kebutuhan tenaga sebagai berikut :
  1. 3992 formasi untuk kelompok jabatan dosen pada 108 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri.
  2. 169 formasi kelompok jabatan paramedis pada 10 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri.
  3. 719 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 55 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri.
  4. 659 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 10 unit kerja di lingkungan unit utama Kemdikbud dan 71 unit kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT).
  5. 130 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 10 unit kerja Kopertis.
  6. 260 formasi dosen dipekerjakan (dpk) pada 14 unit kerja Kopertis.
Persyaratan Pendaftaran CPNS Kemendikbud
  • Persyaratan Secara Umum terdiri dari :
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 (delapan belas) tahun dan 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2014. Bagi pelamar yang berusia 35 tahun dan kurang dari 40 tahun per tanggal yang ditetapkan oleh Panselnas, harus memiliki masa kerja terus menerus sejak 1 April 1997, pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional.
  • Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Catatan : Berkas-berkas terkait dengan persyaratan umum tersebut di atas (kecuali KTP) akan diperlukan hanya bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus pada akhir tahap seleksi. Pelamar dimohon TIDAK mengirim berkas-berkas tersebut pada tahap seleksi (lihat butir VIII di bawah).
Persyaratan khusus atau persyaratan lain yang berkaitan dengan penerimaan CPNS ini dapat dilihat pada masing-masing unit kerja Perguruan Tinggi Negeri, Kopertis, dan Unit Utama Pusat serta Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Tahapan Seleksi Tes CPNS Kemendikbud

Proses seleksi penerimaan cpns di lingkungan Kemdikbud dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap sebagai berikut :
1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Dilaksanakan bagi semua pelamar yang memenuhi persyaratan tata cara pendaftaran. Tes dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dengan cakupan materi meliputi Test Wawasan Kebangsaan, Test Inteligensia Umum dan Test Karakteristik Pribadi.
2. Seleksi administrasi dilakukan bagi pelamar yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan (MP) pada Tes Kompetensi Dasar (TKD).
3. Tes Kompetensi Bidang (TKB)
  • Dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi.
  • Metode tes dan cakupan materi akan ditentukan oleh masing-masing unit kerja yang dituju.
  • Untuk mengikuti setiap tahapan dalam seluruh proses penerimaan CPNS di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014. PELAMAR TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN. Pelamar dimohon tidak terpancing oleh tawaran dari oknum/pihak manapun yang mengaku dapat membantu yang bersangkutan dapat diterima sebagai CPNS Kemdikbud.
Tahapan Seleksi Tes CPNS Kemendikbud
Tahapan Seleksi Tes CPNS Kemendikbud

Jadwal Tes CPNS Kemendikbud

Berikut ini adalah rencana penjadwalan pelaksanaan tes CPNS TKD TKB CPNS Kemendikbud Tahun 2014 yaitu :
  1. Pengumuman tentang Penerimaan CPNS di portal Nasional dan Kemdikbud 4 September 2014
  2. Pendaftaran melalui CPNS Online di portal nasional : 4 September sampai dengan 18 September 2014
  3. Pendaftaran melalui CPNS Online di portal kemdikbud : 5 September sampai dengan 19 September 2014
  4. Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat TKD : 25 September 2014
  5. Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) : dimulai 29 September 2014. Akhir penyelenggaraan TKD tergantung pada jumlah peserta.
  6. Pengiriman berkas pelamar ke P.O. Box dilakukan 10 hari kalender terhitung setelah tanggal pengumuman hasil TKD
  7. Tes Kompetensi Bidang (TKB): menyesuaikan jadwal unit kerja masing-masing.
  8. Pengumuman hasil seleksi administrasi, hasil tes TKD, pengumuman hasil tes TKB CPNS Kemendibud 2014 diberitahukan selanjutnya.
  9. Pengumuman Final kelulusan seleksi CPNS : minggu ke III bulan Desember 2014.
Cara Pendaftaran CPNS Kemendikbud 2014 Di Website panselnas.menpan.go.id

Berikut ini tata cara alur tahapan proses registrasi online CPNS Kemendikbud Tahun 2014 yaitu terdiri dari :
  1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekruitmen CPNS Kemdikbud.
  2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://panselnas.menpan.go.id. dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama, tempat lahir, tanggal lahir, alamat email dan password serta pilihan intansi yang dituju (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada satu instansi).
  3. Setelah mendapat email konfirmasi dari Panselnas berupa username dan password, pelamar melanjutkan proses pendaftaran melalui laman CPNS Kemdikbud dengan alamat https://cpns.kemdikbud.go.id.
Lakukan login aplikasi cpns online untuk melengkapi isian data pendaftaran online dengan tahapan :
  • Mengisi formulir data pendaftaran CPNS online. Pelamar wajib memilih zona (wilayah) tempat seleksi sesuai dengan yang diinginkan. Sistem akan menentukan lokasi seleksi, hari, dan waktu pelaksanaan seleksi, dan akan diumumkan setelah masa pendaftaran berakhir.
  • Menyetujui Pernyataan Integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar.
  • Menyetujui pernyataan komitmen untuk melanjutkan proses lamaran apabila telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi akhir;
  • Melakukan upload pas foto.
  • Mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi.
  • Mencetak formulir pendaftaran.
Pengumuman Kelulusan Tes CPNS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2014

Berikut ini hal-hal yang terkait dengan informasi terbaru update pengumuman hasil seleksi tes cpns kemendikbud yaitu :
  1. Pengumuman akan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di http://cpns.kemdikbud.go.id dan http://kemdikbud.go.id, dan website unit kerja masing-masing.
  2. Jadwal pengumuman final direncanakan dilaksanakan pada minggu III bulan Desember, atau sesuai ketetapan Kementerian PAN dan RB lebih lanjut.
  3. Penetapan/keputusan Panitia Pengadaan CPNS Kemdikbud tahun 2014 bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
Penetapan NIP CPNS Lulus Tes 2014

Pelamar yang dinyatakan lulus wajib melengkapi berkas usul penetapan NIP ke masing-masing unit kerja yang dilamar, untuk selanjutnya akan diajukan ke BKN. Adapun kelengkapan berkas yang harus dipenuhi dan batas waktu penyampaian akan diumumkan setelah pengumuman final.

Lain-lain
  1. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan.
  2. Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak sesuai dengan fakta atau melakukan manipulasi data baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai CPNS/PNS.
  3. Apabila pelamar telah dinyatakan lulus tetapi tidak menyampaikan kelengkapan berkas untuk penetapan NIP sampai batas waktu yang ditentukan, maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.
  4. Panitia seleksi tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apapun. Pelamar diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada laman http://cpns.kemdikbud.go.id.
Untuk mengetahui dan mendownload mengunduh Pengumuman Penerimaan CPNS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014 lengkap mendetail bisa melihatnya di link resmi ini ==>> cpns.kemdikbud.go.id.

2 komentar

Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat TKD : 25 September 2014
mengapa sekarang belum ada pengumuman...
medan-sumut

knp sampe hr ini blm ada pengumuman daftar peserta, waktu dan tmpat ujian untuk kemendikbud


EmoticonEmoticon