Sertifikasi Guru Tahun 2015

Penetapan calon sertifikasi guru (sergur) tahun 2005 - 2015 melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) oleh Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka untuk peningkatan profesionalisme guru itu sendiri.

Pelaksanaan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan pada Tahun 2014 - 2015 nanti adalah tahun terakhir pelaksanaan pola PSPL, Portofolio maupun PLPG. Selanjutnya mulai tahun 2015 akan dilaksanakan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Pola PPG

Syawal Gultom selaku dari Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan, Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud seperti informasi yang dilansir dari JPNN.COM mengatakan bahwa istilah program sertifikasi untuk guru yang diangkat sebelum 2005 adalah Sertifikasi Guru (Sergur) Dalam Jabatan.

Sertifikasi Guru Tahun 2015

Sedangkan untuk guru-guru yang diangkat mulai 2005 hingga 2015, dipakai istilah Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. "Intinya sama, yakni mensertifikasi guru-guru yang belum bersertifikat tetapi sudah mengajar," katanya.

Tunjangan Profesi Guru 2015


Pembayaran tunjangan profesi guru tahun 2015 mencapai Rp80 triliun dengan rincian Rp 72 triliun tunjangan untuk tahun berjalan dan Rp 8 triliun tunjangan tahun 2014 yang belum ditransfer ke daerah.

Hamid Muhammad selaku dari Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud seperti informasi yang dilansir dari republika.co.id mengatakan bahwa pembayaran tunjangan profesi guru untuk tahun 2015 yang mencapai Rp80 triliun sama dengan anggaran Kemdikbud per tahunnya.

Jumlahnya terus meningkat dan menyedot APBN. Namun sayangnya, peningkatan budget pembayaran tunjangan guru itu tidak diimbangi dengan peningkatan mutu guru.

Pencairan tunjangan sertifikasi akan selesai tahun 2016. Tetapi kami sudah mengingatkan sekolah bahwa kedepan tunjangan profesi hanya diberikan kepada guru-guru yang mengajar dengan standar 20 murid dalam satu kelas. Dan ketentuan jumlah minimal siswa hanya berlaku di sekolah-sekolah di perkotaan saja dan tidak berlaku untuk daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Karena memang pemerintah juga kemendikbud juga telah meningkatkan pula Anggaran Biaya Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2015 dengan jumlah yang berbeda dari tiap jenjang pendidikan dimulai dari dana BOS SD, SMP dan SMA.

Remunerasi tunjangan kinerja guru dosen 2014-2015 ini juga merupakan informasi yang banyak dicari mengenai besaran dari masing-masing Besaran Tunjangan Kinerja Remunerasi PNS 2014-2015 ini. Karena hal ini merupakan tambahan pendapatan bagi para PNS dan juga guru serta dosen pula.

Seleksi Peserta Sertifikasi Guru 2015


Jadwal waktu ujian sertifikasi guru dosen tahun 2015 ini seperti yang dikutip dari laman situs jpnn.com terkait dengan informasi pemberitaan yang berjudul Guru Angkatan Tahun 2005-2015 disertifikasi akan dilaksanakan sekitar Maret tahun depan. Kemudian yang lulus akan mengikuti pendidikan keguruan di lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) selama dua bulan.

Setelah mengikuti pendidikan di LPTK selama dua bulan, guru peserta sertifikasi dikembalikan lagi ke sekolah asal untuk praktek. "Praktek setelah mengikuti pendidikan ini sekitar dua bulan juga," jelas Syawal.

Setelah praktek di sekolah asal itu, guru tadi kembali ke LPTK untuk mengikuti ujian akhir. Jika dinyatakan lulus, guru bersangkutan akan mendapatkan sertifikat profesi guru. Sertifikat ini adalah salah satu syarat mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG).

Syawal mengatakan program sertifikasi sebelumnya tidak ada sesi praktek kembali ke sekolah asal. Padahal praktek ini penting, untuk mengasah hasil pendidikan di LPTK.

Seleksi Peserta Sertifikasi Guru 2015

Beban pendidikan di LPTK antara satu guru dengan guru lainnya juga berbeda. Bagi guru dengan jam terbang mengajar yang tinggi, akan memiliki modal 10 SKS. Sehingga tinggal mengambil kekurangan 26 SKS ketika masa pendidikan di LPTK. Kemendikbud menetapkan total beban pendidikan sertifikasi guru ini sebesar 36 SKS.

Syawal menceritakan tanggungan sertifikasi guru yang diangkat sebelum 2005 mencapai 1,3 juta, diduga karena ada penggelembungan. Di lapangan banyak guru yang aslinya baru mengajar setelah 2005, tetapi mengaku sudah mengajar sebelum 2005.

Daftar nama-nama calon peserta sertifikasi jabatan guru 2015 nantinya akan bisa dilihat dan diketahui secara resmi melalui laman situs berikut ini : http://sergur.kemdiknas.go.id setelah pengumuman resminya dipublikasikan oleh Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Persyaratan Mengikuti PPG Sertifikasi Guru 2015


Berikut hal-hal yang terkait dengan Syarat-syarat Calon Peserta Sertifikasi Guru 2015 yang masih Prediksi dan menganut serta merujuk kepada Syarat Sertifikasi 2014-2015 tahun kemarin yaitu antara lain :
  1. Telah memiliki Nomor Unik Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Bagi guru yang mengajukan NUPTK baru pada tahun 2013 melalui sistem PADAMU NEGERI akan menerima dokumen S11 sebagai tanda bukti kepemilikan NUPTK baru.
  2. Guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dan masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kecuali guru Pendidikan Agama. Sertifikasi Guru Pendidikan Agama Kemenag 2014-2015 dan semua guru yang mengajar di madrasah diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan kuota dan aturan penetapan peserta dari Kementerian Agama.
  3. Sudah menjadi guru pada suatu satuan pendidikan (PNS atau bukan PNS) pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) ditetapkan tanggal 30 Desember 2005. Bagi guru yang menjadi guru setelah Undang-undang tersebut disahkan, besar kemungkinan akan mengikuti sertifikasi guru melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan Guru (PPG).
  4. SK kepegawaian guru bersangkutan seperti yang tercantum pada poin 3 diatas haruslah SK CPNS/PNS atau SK Honor yang ditanda tangani oleh kepada daerah atau a.n kepala daerah dalam hal ini Gubernur/Walikota/Bupati atau SK Gutu Tetap Yayasan (GTY) yang ditanda tangani oleh ketua yayasan. Adapun SK pengangkatan sebagai pegawai yang ditanda tangani kepala sekolah/komite tidak dihitung.
  5. Pendidikan terakhir harus sudah S1/DIV dari perguruan tinggi terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
  6. Bagi guru yang tidak memenuhi poin 5 diatas, tetapi sudah berusia diatas 50 th dengan masa kerja diatas 20 th atau guru yang memiliki golongan IV/a.
  7. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru dan berusia setinggi-tingginya 50 tahun pada saat diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan.
  8. Belum memasuki usia 60 tahun pada tanggal 1 Januari 2014 yang akan datang.
  9. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter. Jika peserta diketahui sakit pada saat datang untuk mengikuti PLPG yang menyebabkan tidak mampu mengikuti PLPG, maka LPTK BERHAK melakukan pemeriksaan ulang terhadap kesehatan peserta tersebut. Jika hasil pemeriksanaan kesehatan menyatakan peserta tidak sehat, LPTK berhak menunda atau membatalkan keikutsertaannya dalam PLPG.

8 komentar

Sy adalah trmasuk "korban" PPGJ, karena tahun 2015 ini sy hrs mengikuti PLPG lagi lantaran tidak linier. knpa kalo kebijakan baru harus surut ke belakang? pdhl sy sudh sertifikasi dari thn 2011. (Eman Sulaeman - Bogor)

Kpn ppg d laksanakan d thn 2015 tw 2016

saya berusia diatas 50 th, ini saya ikut ppg apa plpg? kalo ppg kan ijazah min s1 tapi saya d2

bagaimana klu sudah memenuhi syarat tp masih belum ada panggilan/dibangku panjang (longlist). rasanya ga adil padahal masa kerja lebih 10 th, s1, aktif sampai sekarang/PNS yang lebih muda malah banyak yang sdh sertifikasi

Saya mengajar di tk sudah ikut berbagai pelatihan dan diklat guru paud, tapi ijazah saya s1pai, dan tidak linier, bagaimana saya bisa ikut ppgj pak, kan di tk tidak ada sertifikasi guru pai adanya guru kelas, bagaimana solusinya pak?

ya alloh kapan ya tpg gty cair hutang udah nupuk buanyak toloooooooooooong cairkan mudah2an bulan ini cair amiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnn saya tunggu ya pak

Nuptk z baru kluar..z baru trangkt cpns k2...gmn yach ap z sdh bsa diusulkan ???z honor sjk juli 2004 ..gmn ikut ppg atw diklat?

Berdoa pada TUHAN agar rejeki di lancarkan dan di curahkan itu yang terbaik


EmoticonEmoticon