Tips Kiat Merawat Rambut Bagi Yang Berjilbab

Tips cara sehat perawatan rambut bagi wanita yang berjilbab tentunya perlu untuk diketahui dan juga dipahami dengan baik oleh para kaum hawa yang telah menunaikan kewajiban dalam mengenakan dan menggunakan jilbab hijab di dalam agama Islam ini.

Perawatan rambut berhijab tentunya akan berbeda berbeda dengan perawatan rambut yang tidak biasa ditutup hijab. Karena dalam hal ini memiliki masalah yang juga berbeda juga antara perawatan rambut yang berjilbab dengan perawatan rambut yang biasa pada umumnya.

Untuk itulah mengetahui akan langkah atau cara dan kiat yang bisa dilakukan bagi orang wanita yang berjilbab untuk dapat melakukan perawatan atau merawat dan mengatasi rambut berjilbab agar tetap kelihatan segar, harum, dan tidak rontok dengan cara yang alami dan praktis perlu dipahami dengan baik pula.

Tips Dan Kiat Merawat Rambut Yang Berjilbab

Masalah Gangguan Rambut Wanita Berjilbab Berhijab


Masalah kesehatan rambut bagi perempuan wanita yang berjilbab juga perlu untuk diketahui karena dengan mengetahui akan permasalahan terkait dengan perawatan rambut wanita berjilbab tentunya akan bisa menggunakan tips cara atasi masalah rambut yang mengenakan jilbab dengan baik pula.

Rambut sangat peka terhadap kondisi lingkungan sekitar seperti panas dan perubahan cuaca yang drastis. Apabila anda berjilbab tentu anda sering merasa gerah dan rasa gatal pada rambut anda.

Perawatan rambut sangat penting bagi wanita terutama jika berjilbab. Saat berjilbab tubuh memang tertutup dan hanya sebagian saja dari tubuh kita yang terlihat.

Rambut salah satu hal yang tertutupi oleh jilbab sering mengalami masalah. Keringat yang tidak bisa keluar saat memakai jilbab itulah yang menimbulkan rasa gatal dan berbagai masalah pada kulit kepala. Jika hal ini dibiarkan maka rambut bisa rusak dan rontok.

Rambut yang lembab dan panas akan mudah terserang ketombe. Karena itulah perawatan rambut sangat penting untuk menghindari masalah pada rambut anda.

Untuk itulah maka kesehatan rambut bagi wanita berhijab harus mendapatkan perhatian lebih, karena wanita berhijab justru cenderung memiliki berbagai masalah rambut seperti rambut contohnya adalah sebagai berikut :
  1. Rambut menjadi lembab.
  2. Rambut berketombe.
  3. Rambut mudah rontok atau patah, lepek.
  4. Kulit kepala berminyak.
Sehingga harus dilakukan perawatan secara ekstra supaya kesehatan rambut wanita berhijab selalu terjaga dengan baik.

Kiat Cara Tips Menjaga Kesehatan Perawatan Rambut Wanita Berjilbab


Merawat rambut berhijab pada dasarnya adalah tidak susah, asalkan dilakukan secara rutin dan teratur dilakukan dan perlu diketahui bahwa kondisi alam di Indonesia memiliki tingkat kelembaban udara yang tinggi sehingga dalam hal ini akan sering menimbulkan penyakit kulit, terutama juga pada kulit rambut.

Oleh karena itu, perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan rambut bagi wanita berhijab pun tidaklah harus mahal, bahkan merawat rambut yang selalu ditutupi hijab, bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berikut cara merawat rambut yang berjilbab antara lain adalah sebagai berikut :

Memilih Tepat Jenis Bahan Kain Jilbab Yang Akan Dipakai

Bijak dalam untuk memilih model jilbab yang akan dikenakan. Hindarilah mengenakan jilbab dengan model bertumpuk atau terdiri dari 4 sampai 5 lapisan, terutama sekali bagi anda yang memang termasuk wanita yang memiliki aktivitas dan rutinitas yang padat.

Kenakanlah model jilbab yang praktis namun tetap dapat menutup aurat anda dengan baik dan elegan. Sangat penting bagi anda untuk memilih bahan jilbab yang mudah menyerap keringat atau terbuat dari bahan katun berkualitas tinggi. Bahan katun untuk jilbab sangat baik untuk mencegah terjadinya ketombe dan masalah kulit kepala.

Kiat Cara Tips Menjaga Kesehatan Perawatan Rambut Wanita Berjilbab


Rambut Harus Dalam Keadaan Kering

Sebelum kalian menggunakan jilbab, usahakan rambut selalu dalam keadaan kering. Apabila kalian keramas sebelumnya, usahakan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu kiat dan cara untuk mencegah rasa gatal, ketombe, bau yang tidak sedap, dan masalah rambut lainnya pada kaum wanita yang mengenakan jilbab sesuai aturan agama.

Rutin Teratur Dalam Menjaga Kebersihan Rambut

Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala salah satunya adalah dengan teratur berkeramas. Keramas teratur minimal dua-tiga kali seminggu dan pilih produk rambut shampo, conditioner, masker yang tentunya sesuai dengan jenis rambut serta kebutuhan masing-masing individu.

Karena memang jenis macam rambut dan juga jenis kulit kepala antara satu wanita berbeda dengan wanita yang lainnya.

Jangan Memakai Jilbab Yang Sama Lebih Dari 2 Hari

Pakailah jilbab yang sama tidak kurang dari 2 hari, jika mungkin anda bisa ganti jilbab setelah anda memakainya seharian. Atur pemakaian jumlah jilbab

Saat udara panas anda bisa memakai jilbab tidak lebih dari dua jilbab. Hindari pemakaian jilbab yang berlebihan saat udara panas.

Rapikan Rambut Sebelum Dan Sesudah Mengenakan Jilbab

Gunakan sisir plastik bergigi jarang untuk mengurangi kerontokan. Hindari menyisir dari garis belahan rambut karena awal kerontokan bisa bermula dari garis belahan rambut.

Perhatikan cara mengikat rambut

Jika rambut Anda panjang, gelung atau ikat dalam kondisi renggang dan pilih ikat rambut yang lembut. Hindari jepitan besi atau karet gelang karena bisa menyebabkan kerusakan rambut akibat pergesekan dengan bahan tersebut.

Mengikatnya terlalu kuat juga bisa menimbulkan rasa pusing di kepala.

Menjaga Kesehatan Rambut

Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup kita. Untuk itu perbanyak makan makanan yang mengandung rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, vitamin B-12, dan vitamin C.

Dan juga zat besi yang mampu memberikan nutrisi bagi rambut secara alami seperti kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.


EmoticonEmoticon