Beredar Air Zam-Zam Palsu Di Jakarta

Manfaat khasiat air zamzam bagi kesehatan manusia memang tidak dipungkiri lagi kenyataannya. Akan tetapi saat ini telah beredar di pasaran air zam-zam palsu di tanah abang jakarta jakarta.

Aparat kepolisian membongkar sindikat pembuatan air zam-zam palsu di Jalan Karya Guna, Jakarta Barat dan Jalan Inpres, Kramat Jati Jakarta Timur seperti informasi yang dilansir dari tribunnews.com.

Kombes Hendro Pandowo selaku Kapolres Metro Jakarta Pusat mengatakan bahwa air zamzam itu berasal dari air mineral biasa yang biasa dijual di Tanah Abang.

Dalam penggerebekan diamankan 2 air zamzam, 1 galon, 11 kardus kosong untuk mengemas air zamzam dan 2 karung kemasan plastik berisi jeriken.

Beredar Air Zam-Zam Palsu Di Jakarta

Khasiat Air Zamzam


Hasil penelitian sampel air di Eropa dan Saudi Arabia menunjukkan bahwa air Zamzam mengandung zat flourida yang punya daya efektif membunuh kuman.

"Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail". (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Berikut beberapa manfaat kegunaan minum air zam-zam antara lain adalah sebagai berikut :
Air zam-zam adalah air yang penuh keberkahan

Air zam-zam adalah sebaik-baik air di muka bumi ini. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :"Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit". (As Silsilah Ash Shahihah no. 1056).

Air zam-zam bisa menjadi makanan yang mengenyangkan

“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR. Muslim).

Doa bisa terkabul melalui keberkahan air zam-zam

Hendaklah seseorang memperbanyak do’a ketika meminum air zam-zam. Ketika meminumnya, hendaklah ia meminta pada Allah kemaslahatan dunia dan akhiratnya. Sebagaimana hal ini terdapat dalam hadits, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :"Air zam-zam sesuai keinginan ketika meminumnya" (HR. Ibnu Majah). Maksudnya adalah bahwa do’a apa saja yang diucapkan ketika meminum air zamzam adalah doa yang mustajab.

Air zam-zam menyembuhkan penyakit

Sampai-sampai sebagian pakar fiqih menganjurkan agar berbekal dengan air zam-zam ketika pulang dari tanah suci untuk menyembuhkan orang yang sakit.

Dalilnya, dulu ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah membawa pulang air zam-zam (dalam sebuah botol), lalu beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan seperti ini.

Air Zamzam Palsu


Terkait dengan pemberitaan dan informasi beredarnya air zam-zam yang palsu Kasat Reskrim Polres Jakarta Pusat AKBP, Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, terbongkarnya pabrik air zamzam palsu berawal dari anggota polisi pimpinan Kanit Krimum Polres Jakarta Pusat AKP Ari Susanto, sedang membeli air mineral di salah satu toko di JL Petamburan IV, Tanah Abang.

Air Zamzam Palsu

Pengungkapan ini berdasarkan laporan dari warga yang menyebut ada peredaran air zam zam palsu. Polisi menggerebek kedua lokasi pembuatan air zam-zam palsu tersebut. Petugas kaget karena botol air zam-zam berukuran 300 mililiter banyak beredar.

"Pabrik di Srengseng sudah beroperasi selama 3 tahun,sedangkan yang di Kramatjati hampir 1,5 tahun,” ujar AKBP Tatan Dirsan Atmaja, Kamis.

Upaya ini dilakukan agar masyarakat yakin kalau air tersebut berasal dari Makkah al-Mukarramah, Arab Saudi.
AKBP Tatan Dirsan Atmaja menjelaskan, air zam-zam palsu tersebut banyak beredar di pasar Tanah Abang, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Tangerang.

“Untuk kemasan 5 liter dijual Rp 75 ribu hingga Rp 125 ribu, sedangkan ukuran 1 liter seharga Rp 25 ribu, buat ukuran 300 ml seharga Rp 10 ribu. Kami masih mengembangkan kasus ini," kata dia.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Hendro Pandowo, mengatakan atas perbuatannya pemilik bisa dikenakan melanggar UU Kesehatan, UU Konsumen dan UU Pangan, dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun.

"Akibat perbuatan mereka, negara dirugikan dalam bentuk segel barang milik negara yang dipalsukan pemilik pabrik itu,” ujarnya. Dikutip dari tribunnews.

Untuk itu mengenali akan tanda ciri air zam-zam palsu maupun tanda ciri air zam-zam yang asli perlu juga kita ketahui agar nantinya kita tidak membeli yang palsu.


EmoticonEmoticon