Kebiasaan Yang Merusak Kesehatan Ginjal

Tips cara kesehatan ginjal perlu untuk dilakukan oleh kita semuanya mengingat akan manfaat fungsi ginjal bagi kesehatan tubuh yang tidak boleh dianggap sebelah mata.

Fungsi ginjal dalam tubuh manusia antara lain adalah sebagai alat ekskresi yang mengeluarkan zat-zat sisa hasil dari metabolisme yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Ginjal akan mengekskresikan (mengeluarkan) zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti urea, asam urat, amoniak, creatinin, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan.

Jika zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan kesehatan di dalam tubuh.

Ginjal amat penting untuk mengatur kelebihan atau kekurangan gula dalam darah dengan menggunakan hormon insulin dan adrenalin. Ini penting untuk menghindari Diabetes.

Kebiasaan Yang Merusak Kesehatan Ginjal

Pola Hidup Yang Bisa Memicu Kerusakan Ginjal


Kerusakan ginjal hingga mencapai tahap kondisi Gagal Ginjal pada umumnya tidak terjadi dalam waktu yang singkat. Dan terjadinya gagal ginjal membutuhkan waktu yang lama. Hal inilah yang membuat seseorang seringkali kaget karena mendadak kerusakan ginjalnya sudah parah ketika sudah didiagnosa oleh medis.

Oleh sebab itu maka kesadaran untuk bisa melakukan pencegahan sejak sedini mungkin kesehatan ginjal kita agar ginjal selalu prima sepanjang waktu dalam keadaan sehat.

Berikut ini adalah beberapa hal kebiasaan yang bisa memicu kerusakan dan kesehatan ginjal antara lain adalah sebagai berikut :

Banyak Konsumsi Protein Hewani

Berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang bersifat protein hewani adalah merupakan salah satu dari faktor resiko yang bisa menimbulkan kerusakan ginjal bila dilakukan dalam intensitas sering dan jangka waktu yang lama.

Makan daging ayam, daging sapi, ikan, dan makanan sumber protein hewani lainnya memang lebih baik dikontrol dan dijaga. Terutama dalam hal ini adalah konsumsi daging merah seperti dari sumber sapi atau kambing.

Hal ini bisa terjadi karena makanan tersebut dapat meningkatkan beban kerja metabolik di ginjal. Kalau kelamaan beban berat ginjal dalam bekerja maka hal ini akan bisa menimbulkan rusaknya kesehatan organ penting ginjal kita sendiri.

Banyak Konsumsi Gula

Berlebihan dalam mengkonsumsi gula apalagi ada orang yang mengalami diabetes, sering pula terdiagnosa sakit ginjal. Antara konsumsi gula dengan kesehatan ginjal saling berkaitan.

Penelitian dan studi menunjukkan dan membuktikan bahwa orang yang minum manis dua porsi gelas atau lebih setiap harinya dimungkinkan akan mengalami kebocoran protein pada urin lebih tinggi daripada yang tidak.

Jika dalam urin sampai terdeteksi adanya unsur protein maka hal ini akan menjadi salah satu dari tanda ciri gejala awal sakit ginjal.

Kekurangan Vitamin Dan Mineral

Kekurangan vitamin dala hal ini adalah terutama vitamin B6 akan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Sehingga pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi setiap hari untuk kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan.

Kekurangan mineral tertentu juga dapat memainkan peran penting dalam mempengaruhi ginjal. Sebagai contoh, jika tubuh kekurangan Magnesium, maka tubuh tidak dapat menyerap kalsium.

Bila kalsium tidak dapat diserap dengan baik, mungkin batu ginjal akan berkembang. Hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk makan sayuran berdaun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buncis

Batu ginjal yang dibiarkan saja tanpa mendapatkan pengobatan yang baik maka akan bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal itu sendiri.

Konsumsi Makan Makanan Tidak Sehat

Makan makanan yang mengandung zat beracun seperti halnya zat pewarna sintetik dan zat pengawet dapat mengganggu kesehatan ginjal
Anda. Tidak hanya makanan saja yang bisa mengganggu kesehatan ginjal.

Namun minuman juga bisa mengganggu kesehatan ginjal knda seperti minuman teh dan kopi jika terlalu berlebihan dikonsumsi dapat berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Maka minumlah secara wajar dan menyeimbangkannya dengan banyak meminum air putih.


EmoticonEmoticon