Jenis Nutrisi Vitamin Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jenis macam vitamin nutrisi dan sumber makanan serta manfaat gizi nutrisi untuk menjaga kesehatan adalah penting untuk diketahui dalam rangka untuk senantiasa memelihara kesehatan dan mencegah berbagai macam jenis penyakit.

Manfaat nutrisi vitamin untuk menunjang dan menjaga kesehatan tubuh memang tidak bisa dipungkiri dan dalam hal ini Mengenal akan berbagai macam jenis vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan juga perlu diketahui dan dipahami dengan baik oleh kita dalam rangka menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Jenis Nutrisi Vitamin Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Vitamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan menjalankan fungsinya dengan baik. Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina yang berperan sangat penting bagi metabolisme tubuh, namun sebagian besar vitamin ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh.

Nutrisi adalah zat kimia yang sangat diperlukan oleh tubuh dan berfungsi dalam bentuk energi. Energi dalam tubuh berfungsi untuk memelihara dan membangun jaringan dalam tubuh. Nutrisi terdapat dalam makanan yang sehari-hari kita konsumsi.

Manfaat Fungsi Jenis Macam Vitamin


Berikut ini berbagai macam sumber makanan, sayuran, buah-buahan dan manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh antara lain adalah sebagai berikut :

Vitamin A (Retinol).

Manfaat kegunaan vitamin A antara lain adalah untuk kesehatan kulit, kesehatan indera penglihatan, sebagai antioksidan, untuk Menjaga Kesehatan Perkembangan Pertumbuhan Janin Dalam Kandungan, dan untuk sistem imunitas.

Kekurangan vitamin A menyebabkan penuaan dini, katarak, dan daya tahan tubuh menurun. Kelebihan vitamin A menyebabkan haid tidak lancar dan gangguan pada kulit.

Sumber vitamin A dapat diperoleh dari jenis macam sayuran makanan minuman berikut ini yaitu diantaranya adalah buah-buahan dengan warna merah, wortel, sayuran berwarna hijau, hati, dan susu.

Vitamin B (Thiamine).

Vitamin B terdiri dari tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12 dan folat. Vitamin-vitamin ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Manfaat fungsi kegunaan vitamin B bagi kesehatan tubuh antara lain secara umum adalah berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi syaraf serta mencegah penyakit beri-beri.

Kekurangan vitamin B menyebabkan Susah Buang Air Besar Sembelit. Penyakit beri-beri dan gangguan kulit lainnya serta imun tubuh menurun. Kelebihan vitamin B menyebabkan reflex otot berkurang dan sistem tubuh tidak seimbang.

Sumber Vitamin B bisa didapat dari kacang-kacangan, roti, gandum, susu, dan daging tanpa lemak.

Vitamin C (Asam Askorbat).

Kegunaan manfaat vitamin C adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh (sistem kekebalan tubuh), pembentuk sel-sel darah merah, untuk antioksidan, untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C bermanfaat dan berfungsi serta bekerja sebagai antioksidan yang memperlambat kerusakan akibat radikal bebas

Kekurangan vitamin C menyebabkan mudah lelah, Anemia dan sariawan. Sumber Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan, mentega dan ikan serta juga buah jeruk, brokoli dan paprika merah.

Vitamin D (Kalsiferol).

Fungsi vitamin D adalah pembentuk tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D menyebabkan Diabetes DM Kencing Manis dan osteoporosis. Sumber Vitamin D bisa didapatkan dari jenis makanan hewani, contohnya ikan, telur, susu, serta produk olahannya, seperti keju dan pancaran sinar matahari.

Penyakit dan gangguan masalah kesehatan karena kekurangan vitamin yang bisa ditimbulkan dari kekurangan ini adalah pertumbuhan gigi akan terganggu, osteomalasia pada dewasa, Pada orang tua bisa menyebabkan osteoporosis, yaitu kerapuhan tulang akibatnya berkurangnya kepadatan tulang.

Vitamin E (Tocopherols).

Manfaat kegunaan vitamin E untuk kesehatan antara lain adalah pengontrol asam lemak berlebih dan untuk pencegahan penyakit kulit, berguna untuk menutup luka dan mencegah mengobati mandul / sulit hamil bagi kaum perempuan juga. Dan manfaat bagi ibu hamil salah satunya adalah dapat berfungsi untuk mencegah keguguran.

Sumber vitamin E bisa didapatkan dari hati, biji-bijian, buah, sayuran dan kacang-kacangan. Bahan vitamin ini terdapat pada mentega atau minyak samin.

Vitamin K

Kegunaan dan faedah fungsi vitamin K ini diantaranya yaitu untuk mempercepat proses pembekuan darah saat terjadi luka pada bagian tubuh kita dan bermanfaat juga dalam rangka memperbaiki susunan pertumbuhan tulang.

Sumber vitamin K ini adalah banyak terdapat pada bayam dan kol, produk susu, kuning telur, serta beraneka agam jenis sayuran segar. Kekurangan vitamin K ini bisa menyebabkan darah akibat luka akan sulit atau lama untuk membeku.

Demikian tadi beberapa manfaat fungsi kegunaan vitamin untuk tubuh manusia. Disertai juga mengenai akibat dari kelebihan dan kekurangan suatu vitamin serta sumber vitamin yang berasal dari makanan.

Macam Jenis Nutrisi Kesehatan


Berikut ini berbagai macam jenis macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam rangka menjaga kesehatan tubuh dan juga mencegah timbulnya penyakit antara lain adalah :

Protein

Manfaat fungsi protein untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencerna makanan, dan mengelola sistem metabolisme tubuh.

Kebutuhan manusia akan nutrisi gizi protein ini berbeda antara pria dan wanita. Setiap hari pria harus memenuhi setidaknya 55gr protein dan wanita sekitar 45gr.

Sumber makanan yang banyak mengandung protein ini antara lain terdapat pada kacang polong, lentil, kacang tanah dan berbagai jenis kacang-kacangan lainnya. Selain itu juga bisa mendapatkannya dari yogurt, susu dan telur.

Zat Besi

Kekurangan zat besi pada tubuh akan mengakibatkan timbulnya penyakit anemia (Kekurangan sel darah merah). Salah satu manfaat fungsi zat besi untuk kesehatan adalah untuk memproduksi sel-sel darah merah.

Tanda gejala ciri tubuh kekurangan zat besi bisa dikenali dengan timbulnya tanda-tanda berikut ini : lemas, sakit kepala, kulit kusam, kuku rapuh dan terkadang bisa menyebabkan rambut rontok.

Sumber makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain terdapat pada sayuran hijau seperti bayam adalah makanan yang kaya akan zat besi.

Seng

Menjadi bagian dari mineral, tubuh juga sangat membutuhkan seng. Seng berfungsi menjaga kekebalan tubuh, sekresi enzim, memproduksi DNA dan juga sebagai neurotransmitter (salah satu zat kimia yang membawa pesan antar neutron).

Beberapa gejala yang dimunculkan saat kamu kekurangan seng adalah rambut rontok, impotensi dan kurang nafsu makan. Kamu bisa memenuhi nutrisi seng dengan mengkonsumsi bayam, kubis, kacang mete, almond, kacang polong dan buah-buahan kering.

Magnesium

Mineral magnesium memainkan peran penting dalam tubuh seperti menjaga tulang tetap sehat. Selain itu magnesium dalam mencegah kamu dari serangan kanker serta memengaruhi penyerapan kalsium. Kamu dapat memperoleh magnesium dari biji-bijian, kacang-kacangan dan juga susu.

Kalsium

Seperti yang kamu tahu, kalsium sangat penting bagi kesehatan tulang. Tetapi, jarang sekali ada yang memerhatikan asupan kalsium yang dibutuhkannya. Jangan heran jika kasus penderita osteoporosis semakin meningkat.

Kita bisa mengkonsumsi susu, yogurt, dan kubis untuk membantu mencegah dari serangan osteoporosis dan gangguan kesehatan lain yang disebabkan oleh kurang kalsium.

Yodium

Tubuh memerlukan yodium untuk mensintesis hormon. Kekurangan yodium bisa berakibat pada gangguan fungsi tiroid. Gangguan tiroid ini dikenal juga dengan gondok. Kita bisa mendapatkan yodium bukan hanya dari garam, tetapi juga dari telur dan makanan laut.

Omega 3

Asam lemak omega 3 mempunyai manfaat fungsi faedah kegunaan dalam rangka meningkatkan kesehatan dan bahkan meningkatkan harapan hidup.

Sumber makanan kaya akan asam lemak omega 3 bisa didapat dari ikan. Minyak zaitun, seasame oil, dan mentega adalah sumber omega 3. Ketika tubuh kehilangan omega 3, kita cenderung akan mengalami Tanda Gejala Stress Depresi ringan dan juga suasana hati yang buruk.

Itulah beberapa jenis vitamin dan nutrisi sehat yang harus dikonsumsi manusia dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan meningkatkan kesehatan serta mencegah timbulnya berbagai jenis macam penyakit akibat kekurangan vitamin dan nutrisi yang tersebut diatas.


EmoticonEmoticon