Tips Atasi Sembelit Saat Hamil

Tips Atasi Sembelit Saat Hamil.
Alhamdulillah kita masih senantiasa diberikan kesehatan sehingga kita bisa beraktifitas seperti biasanya dan juga tanpa gangguan.Tidak terasa postingan kita hari ini adalah postingan yang ke 27 dari sekian postingan yang lalu.Postingan terakhir kita kemarin adalah membahas mengenai hikmah sakit maka pada kali ini Sehat Kita Semua akan memposting mengenai tips atasi sembelit saat hamil.

Sulit buang air besar atau sembelit / konstipasi umum di alami ibu hamil.Kondisi ini terjadi karena perubahan hormon semasa hamil mempengaruhi kerja organ, termasuk fungsi pencernaan yang cenderung melambat.Penyebabnya, usus memecah nutrisi dari makanan yang dicernanya sekecil apa pun untuk kebutuhan perkembangan janin.Selain itu, tubuh juga menyerap lebih banyak ar, sehingga tinja yang dihasilkan lebih kering.Penyebab lain yang memicu atau memperburuk sembelit, yaitu adanya pemberian suplemen zat besi dosis tinggi semasa hamil.


Sepanjang tak ada gejala penyakit lain, seperti perdarahan, konstipasi tak perlu dikhawatirkan.Apalagi sembelit saat hamil bisa di cegah dan diatasi.Untuk para ibu hamil yang sedang mempersiapkan persalinannya bisa menggunakan tips atasi sembelit saat hamil ini.
Berikut tips atasi sembelit saat hamil :

1. Konsumsi serat setiap hari.
Ibu hamil perlu memperhatikan zat gizi makanan yang dikonsumsinya agar selalu seimbang.Pastikan makanan alami kaya serat yang terkandung pada sayur-sayuran dan buah-buahan manjadi santapan sehari-hari.

2. Banyak minum air putih.
Minimal setiap hari ibu hamil minum air putih minimal sebanyak 8 gelas.Ingat, saat hamil tubuh menyerap banyak air, sehingga konsumsi air haruslah cukup, agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi.Selain itu, kecukupan air membantu memperlunak tinja, sehingga mudah dikeluarkan.Selain air putih, cairan juga bisa diperoleh dari makan berkuah mau pun jus buah yang dianggap dapat mengatasi sembelit.

3. Lakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara teratur.
Selain tubuh menjadi segar dan sehat, olahraga juga dapat meringankan sembelit.Ibu hamil bisa melakukan jalan kaki atau berenang.Senam Kegel juga dapat dilakukan untuk memperkuat otot dasar panggul, membantu mempermudah pengeluaran tinja, juga mempersiapkan ibu menghadapi persalinan.

4. Batasi konsumsi suplemen besi.
Tentunya hal ini berlaku bagi ibnu hamil yang memang sudah tercukupi kebutuhan zat besinya.Lebih baik ibu mengkonsumsi suplemen vitamin C yang dapat membantu meringankan gejala konstipasi.Konsultasikan dengan dokter seputar pemilihan suplemen ini.

5. Jangan minum obat pencahar.
Bila cara-cara di atas sudah dilakukan akan tetapi tidak juga membantu, tentunya jangan asal mengkonsumsi obat-obatan pencahar.Lebih baik dikonsultasikan pada dokter terkait untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat lagi.

Demikian tadi sahabat artikel mengenai tips atasi sembelit saat hamil.Bila ada sobat yang mau menambahi dipersilakan sobat...Semoga tips atasi sembelit saat hamil bisa berguna serta bermanfaat.


EmoticonEmoticon