Penetapan Pemenang Pilpres 2014 KPU 22 Juli

Hasil rekapitulasi real count suara pemilihan presiden akan diumumkan resmi oleh KPU pada hari selasa 22 Juli 2014. Pengumuman capres cawapres yang memenangkan pemilihan umum presiden untuk masa jabatan 2014-2019 ini akan diumumkan kepada khalayak masyarakat umum sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pula.

Adanya permintaan dari kubu capres no 1 Prabowo Hatta yang meminta dan juga merekomendasikan pengumuman hasil rekapitulasi tabulasi suara dari provinsi kabupaten kota di seluruh Indonesia ditunda karena adanya permintaan bawaslu daerah DKI Jakarta untuk pencoblosan ulang di beberapa TPS di jakarta tidak diakomodir oleh KPU.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan dapat menetapkan hasil Pilpres 2014 paling lambat 22 Juli 2014. Merujuk perkembangan tahapan rekapitulasi berjenjang di tingkat kabupaten/kota yang hampir tuntas, KPU optimistis target tersebut akan tercapai.

Penetapan Pemenang Pilpres 2014 KPU 22 Juli

Satu-satunya lembaga yang memiliki kewenangan untuk menyatakan siapa kalah dan siapa menang adalah secara hukum adalah KPU, kewenangan itu tidak bisa ditunda, dikesampingkan, dalam keadaan apapun, untuk alasan apapun dan oleh siapapun. Untuk berdemokrasi dengan baik kita tidak punya pilihan lain kecuali patuh kepada hukum.

Perolehan Suara Capres No 1 Prabowo-Hatta


Hasil hitung manual real count Komisi Pemilihan Umum dari pasangan capres dan cawapres no 1 yaitu Prabowo Subianto - Hatta Rajasa ini seperti informasi yang didapat dari website www.antaranews.com bahwa di hari pertama Pada hari pertama minggu 20 juli 2014 KPU menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat nasional pada 15 propinsi.

Hasil rekap manual KPU ini memberikan data dan informasi terkait dengan hasil sementara pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dengan perolehan 13.176.384 suara, sedangkan pasangan nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla meraup sebanyak 12.249.515 suara.

Dengan rekap tersebut pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan selisih 926.869 suara dibandingkan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Ke-15 propinsi yang sudah selesai yaitu Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Bengkulu, Sulawesi Barat, Kalteng, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, dan Sumbar.

Perolehan Suara Capres No 1 Prabowo-Hatta 22 Juli 2014

Beberapa Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat provinsi telah mengumumkan penetapan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilpres 2014. Dari 34 provinsi, sebanyak 12 provinsi telah mengumumkan penetapan hasil rapat pleno tersebut pada Jumat (18/7) pukul 24.00 WIB.

Berdasarkan hitungan tersebut, pasangan capres/cawapres nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 25.030.821 suara. Sementara pasangan nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapatkan 19.859.805 suara.

Hasil Real Count Capres No 2 Jokowi-JK


Perolehan Suara Jokowi-Jusuf Kalla di Berbagai Daerah Versi KPU dalam pengumuman hasil real count rekapitulasi KPU ini unggul di dalam wilayah beberapa provinsi kabupaten kota di Indonesia yang juga merupakan kantong suara pendukung dan juga partai-partai yang mendukung kemenangan Jokowi ini. di sejumlah daerah, telah diperoleh rekapitulasi hasil Pemilihan Presiden 2014.

Hasil penghitungan suara pemilu presiden para rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa 22 Juli akan memastikan siapa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan memenangkan kontestasi Pemilu Presiden 2014.

KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang mendapat mandat dari konstitusi diharapkan semua elemen masyarakat Indonesia dapat melakukan penghitungan suara pemilu presiden secara netral, jujur, dan adil, guna menghasilkan pemilu presiden yang demokratis.

Jika mencermati hasil rekapilutasi suara dari rapat pleno KPU tingkat kabupaten dan kota di seluruh Indonesia maka kemungkinan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut dua yakni Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan memenangkan Pemilu Presiden 2014, karena unggul di 23 provinsi dari 33 provinsi di Indonesia.

Sedangkan, pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, unggul di 10 provinsi.

Hasil Real Count KPU Capres No 2 Jokowi-JK

Namun, hasil final rekapitulasi perolehan suara kedua pasangan capres cawapres baru akan diumumkan setelah rapat pleno KPU tingkat nasional di Jakarta, pada Selasa, 22 Juli 2014.

Menyikapi perolehan suara pemilu pemilu presiden di tingkat kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, Tim Kampanye Nasional (Timkamnas) pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla tetap mengingatkan para kader, relawan, dan simpatisannya agar terus mengawal penghitungan suara sampai ke tingkat nasional. (Antara)


EmoticonEmoticon