Pendaftaran CPNS 2014 Dibuka Agustus

Pendaftaran CPNS Online 25-29 Agustus 2014 melalui laman website panselnas.menpan.go.id adalah merupakan informasi pengumuman terbaru update mengenai seleksi pendaftaran calon pegawai negeri sipil di tahun ini.

Lowongan penerimaan CPNS tahun 2014 akan mulai dibuka oleh pemerintah mulai dari tanggal 11 sampai 24 Agustus 2014. Hal ini dikemukakan oleh pejabat pemerintah yaitu Setiawan Wangsaatmadja selaku dari Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB bahwa pembukaan pendaftaran cpns akhir bulan agustus 2014 ini.

Jadwal pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 terus mengalami perubahan. Semula direncanakan seleksi penerimaan CPNS 2014 diumumkan mulai minggu ketiga bulan Juli 2014. Kini, beredar pemberitaan dan informasi bahwa Pengumuman Penerimaan CPNS 2014 diundurkan ke bulan Agustus. Hal ini dikarenakan belum semua instansi mengirimkan formasi.

Pendaftaran CPNS 2014 Dibuka Agustus

Pendaftaran Online CPNS 2014 panselnas.menpan.go.id


Daftar situs website portal untuk melakukan registrasi pendaftaran secara online di tahun 2014, pemerintah menyiapkan laman website http://panselnas.menpan.go.id. Hal ini juga dikemukakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terkait dengan hal ini.

Jadwal alur tahapan seleksi penerimaan tes cpns tahun 2014 ini diawali dengan pengumuman alokasi formasi seleksi ASN ini. Setelah Kuota Formasi CPNS dan masing-masing pemerintah pusat kementrian maupun daerah telah diumumkan maka tahapan berikutnya akan bisa dimulai.

Tahapan berikutnya dalam seleksi tes ASN PPPK ini adalah pendaftaran secara online, melalui portal nasional http://panselnas.menpan.go.id pada tanggal 25-29 Agustus 2014

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 secara online dimulai tanggal 25 sampai 29 Agustus 2014. Sedangkan Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi CPNS dilaksanakan mulai 1 September 2014 sampai selesai. Tes seleksi CPNS 2014 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), ini yang menyebabkan Tes Komputer CAT Online CPNS 2014 tidak akan serentak.

Jadwal Tes CPNS 2014


Berikut adalah penuturan Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmadja seperti informasi pemberitaan yang dimuat di dalam website www.setkab.go.id terkait dengan jadwal pelaksanaan ujian seleksi tes penerimaan calon pegawai negeri baik untuk ASN PNS dan PPPK di tahun ini.

Para pelamar CPNS harus melalui setidaknya dua kali tes, yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB). Pelaksanaan TKD akan dilakukan mulai 1 September sampai dengan selesai, dengan menggunakan sistem computer assisted test atau CAT.

Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB itu menegaskan, semua instansi yang menyelenggarakan seleksi CPNS tahun ini menggunakan sistem computer assisted test atau CAT. Adapun lamanya pelaksanaan TKD tergantung jumlah pelamar dan kapasitas instalasi CAT yang ada.

Jadwal Tes CPNS 2014

Bagi instansi yang telah selesai mengadakan tes, lanjut Setiawan, dapat langsung menyerahkan hasil TKD kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Selanjutnya, Panselnas akan menyampaikan hasil TKD dan hasil integrasi TKB kepada instansi, satu minggu setelah instansi menyampaikan pengumuman hasil tes TKD dan TKB ke Panselnas.

“Dua hari setelah menerima hasil TKD dan hasil integrasi TKD dan TKB dari Panselnas, instansi segera membuat Surat Keterangan Kelulusan yang ditandatangani Pejabat Pembina Kepegawaian, dan hasilnya disampaikan kembali kepada Panselnas dan BKN,” ujar Setiawan.

Setiawan menegaskan, instansi wajib mengumumkan secara terbuka peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2014 melalui media online atau media cetak. Namun jadwal pengumumannya masih bersifat sementara, dan sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan perkembangan.

Meskipun waktu pelaksanaan tes seleksi CPNS 2014 telah direncanakan sejak awal, jadwal di atas masih bisa berubah lagi. Jadwal yang dibuat bersifat tentatif atau sewaktu-waktu masih bisa mengalami perubahan. Pengumuman resmi penerimaan CPNS 2014 akan dimuat di situs resmi KemenPAN-RB dan daftar instansi yang membuka lowongan penerimaan CPNS.


EmoticonEmoticon