CPNS Guru Dosen Tahun 2014

Penerimaan pendaftaran cpns formasi guru dan dosen 2014 adalah merupakan bagian dari rekrutmen calon pegawai negeri sipil yang akan dilaksanakan dan diselenggarakan pemerintah dalam hal ini adalah kementrian pendidikan dan kebudayaan. Karena memang di tahun 2013 yang lalu CPNS Kemendikbud 2014 juga bagian yang akan mempunyai formasi yang banyak pula.

Penerimaan guru dan dosen menjadi CPNS tahun 2014 tetap menjadi keinginan bagi keseluruhan para guru pendidik dan dosen untuk mengabdi kepada negara sebagai pegawai aparatur negara (ASN) istilah baru untuk PNS di tahun ini. Lowongan penerimaan CPNS 2014 di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memang merupakan salah satu pemberitaan yang banyak dicari oleh para kalangan guru.

Baik itu oleh para guru SD, guru SMP / SLTA maupun guru SMA / SLTA dan juga para dosen pendidik yang menginginkan dirinya diterima dan lulus cpns 2014 ini.

CPNS Guru Dosen Tahun 2014

Pendaftaran CPNS Kemendikbud 2014


Karena masih dibawah lingkup Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) maka nantinya informasi mengenai lowongan cpns guru dan dosen akan diikutsertakan dan dikoordinir oleh Kemdikbud itu sendiri. Penerimaan cpns kemendikbud online akan bisa diakses melalui situs laman website cpns.kemdikbud.go.id

Karena memang untuk kuota cpns guru pendidik serta juga dosen di perguruan tinggi negeri di Indonesia juga masih banyak dibutuhkan. hanya saja alokasi formasinya memang tidak sebanding dengan kebutuhan serta juga banyaknya para peserta pelamar cpns online di tahun ini.

Untuk itu seleksi cpns guru serta juga dosen akan menjadi prioritas di dalam penerimaan ASN PPPK tahun 2014 ini. Sama seperti halnya di lowongan penerimaan cpns kemenkes 2014 ada juga beberapa prioritas jabatan yang akan direkrut di tahun ini. Seperti halnya tenaga kesehatan Bidan PTT di CPNS Kementrian Kesehatan tahun 2014 ini pula.

Pengumuman tes cpns bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengangkat Calon Pegawai Negeri Sipil 2014 untuk mengisi kebutuhan tenaga pendidik (dosen), tenaga kependidikan (teknisi/administrasi), tenaga kesehatan (medis/para medis) pada PTN, Unit Utama Pusat, UPT dan Rumah Sakit Pendidikan di beberapa PTN.

Formasi CPNS Kemdikbud 2014 berjumlah ribuan dan antara lain akan di isi dengan formasi cpns dosen 2014, cpns guru 2014 dan formasi cpns tenaga pendidik serta juga ada cpns perawat 2014 dan juga pendaftaran cpns dokter medis 2014 yang nantinya akan ditempatkan pada Rumah Sakit Pendidikan yang berada pada beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Jumlah formasi PNS guru masih dikalkulasikan karena menyangkut banyak pihak, baik dengan Menteri PAN-RB maupun pemerintah daerah terkati jumlah guru yang diperlukan. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya pendaftaran online cpns kemendikbud 2014 nantinya akan dilakukan pada laman website www.cpns.kemdikbud.go.id.

Dan hal ini tentunya setelah pemerintah merilis informasi terkait dengan Sistem Penerimaan Pendaftaran Online CPNS 2014 secara resmi.

Dan juga tentunya bagi calon peserta tes calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2015 nantinya harus mengetahui akan jadwal syarat prosedur tes cpns tahun 2014 di bagian atau pun instansi pemerintah yang akan dilamarnya dengan baik sehingga pada saatnya jadwal pelaksanaan tes cpns diadakan akan bisa memenuhi segala syarat dan persyaratan yang diajukan oleh instansi terkait itu sendiri.

CPNS Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2014

Berikut penuturan M. Nuh selaku Menteri PAN-RB terkait dengan formasi cpns untuk guru pendidik dan dosen pada tes seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil tahun ini adalah pada kisaran jumlah 6.000 -7.000 dosen.

Itu untuk dosen saja. Dan nantinya para cpns yang lulus cpns dosen nantinya tidak hanya akan ditempatkan pada perguruan tinggi negeri saja, akan tetapi bisa nantinya ditempatkan pada perguruan tinggi swasta.

Aturan baru tentang skema melamar CPNS guru ini paling cepat diterapkan pada seleksi CPNS tahun depan. Sebab Kemendikbud ditargetkan menuntaskan sertifikasi profesi guru yang sudah mengajar tahun depan.

Ketika target tadi sudah tuntas, maka profesi guru bisa diraih dengan sekolah tambahan atau dikenal dengan nama program profesi guru prajabatan (PPG).

Nuh menegaskan bahwa program PPG itu tidak hanya diikuti oleh sarjana kependidikan saja. Tetapi program mencetak guru profesional ini juga boleh diikuti oleh sarjana non kependidikan.

Nuh menjelaskan bahwa kuota CPNS dosen setiap tahun rata-rata hanya 2.800 orang. Jumlah kuota itu dipastikan naik menjadi sekitar 5.600 orang. "Tesnya sendiri yang biasanya akhir tahun, dimajukan menjadi Juli atau Juni," kata dia.

Menurut Nuh, ada banyak alasan sehingga kuota dosen CPNS itu ditambah cukup signifikan. Diantaranya adalah, banyaknya pendirian kampus swasta. Selain itu, peningkatan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi juga membuat perbandingan dosen dan mahasiswa harus ditingkatkan.

"Jadi kuota dosen CPNS baru itu tidak hanya disebar di kampus-kampus negeri baru saja, tetapi juga di PTN yang sudah berdiri. Sebab jumlah mahasiswanya naik," ujarnya.

Keputusan penting lain dari Kemen PAN-RB adalah, komitmen menambah kuota CPNS baru untuk formasi guru. Calon guru yang diprioritaskan diangkat menjadi CPNS baru adalah, peserta program Sarjana Mengajar di Daerah Terpencil, Tertinggal, dan Terluar (SM-3T).

Syarat bagi peserta SM-3T untuk diprioritaskan diangkat menjadi CPNS baru adalah, bersedia ditempatkan menjadi guru di sekolah tempat dia mengabdi ketika menjadi peserta SM-3T.


EmoticonEmoticon