Pendaftaran CPNS Online 2014 BPOM Panselnas

Pendaftaran CPNS Online Badan Pengawas Makanan Obat Dan Makanan (BPOM) tahun 2014 di website situs laman panselnas.menpan.go.id adalah merupakan bagian dari seleksi rekrutmen tes penerimaan CPNS Instansi Pusat Kementrian dan Lembaga Nagara tahun anggaran 2014-2015 ini.

Badan Pengawas Obat dan Makanan – Badan POM – BPOM adalah sebuah lembaga di Indonesia yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Fungsi dan tugas badan ini menyerupai fungsi dan tugas Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat.

Formasi CPNS Badan POM 2014 ini nantinya adalah bagian dari penerimaan cpns tenaga kesehatan tahun 2014. Formasi seperti lulusan sarjana S1 Apoteker, dan juga sarjana S1 Mikrobiologi, S1 Biologi, S1 Hukum, DIII farmasi, DIII analis farmasi dan lain-lain akan mengisi kekosongan lowongan pendaftaran cpns Badan POM 2014 ini. Jumlah alokasi formasi adalah berjumlah 400 orang.

Pendaftaran CPNS Online 2014 BPOM Panselnas

Pengumuman Penerimaan CPNS Badan POM 2014


P E N G U M U M A N

Nomor : KP.02.02.242.08.14.06597

TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DARI PELAMAR UMUM
BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN TAHUN ANGGARAN 2014


Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Badan Pengawas Obat dan Makanan – Badan POM akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Tahapan Tata Cara Proses Persyaratan CPNS BPOM 2014
Berikut beberapa persyaratan seleksi rekutmen CPNS Badan Pom tahun 2014 yaitu :
Persyaratan Khusus :
  • Berijazah, pelamar yang diakui adalah lulusan dengan ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakredirasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) minimal B atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Keterangan Lulus / Ijazah sementara tidak berlaku.
  • Usia per tanggal 1 September 2014 : Pendidikan Diploma 3 (D3) paling tinggi 24 tahun (lahir setelah 31 Agustus 1990). Pendidikan Strata 1 (S1) paling tinggi 26 tahun (lahir setelah 31 Agustus 1988). Pendidikan Profesi paling tinggi 28 tahun (lahir setelah 31 Agustus 1986)
  • Pada saat pendaftaran harus menyerahkan bukti berupa Asli/Legalisir Surat Keputusan Pengangkatan dan Pemberhentian atau Surat Pernyataan masih bekerja dari pimpinaninstansi/perusahaan.
  • Untuk Apoteker agar melampirkan ijazah S1 Farmasi dan Ijazah Apoteker.
  • Untuk ijazah yang diperoleh dari sekolah/perguruan tinggi luar negeri harus mendapat penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan
  • Pelamar D3/S1 diharuskan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi minimal B.
  • Pelamar dengan pendidikan Apoteker diharuskan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Sarjana (S1) minimal 2,75 dan tingkat pendidikan profesi (Apoteker) minimal 3,00 dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang terakreditasi minimal B.
  • Tidak sedang dalam status belajar.
  • Tidak akan menuntut penyesuaian ijazah apabila memiliki ijazah yang lebih tinggi yang diperoleh sebelum diangkat menjadi CPNS Badan POM.
  • Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan sesuai alokasi formasi yang dibutuhkan.
  • Pelamar tidak memiliki hubungan keluarga (ayah/ibu/anak/adik/kakak/mertua/ suami/isteri) dengan pegawai BPOM.
  • Bagi pelamar yang berusia lebih dari persyaratan pada point 3, paling tinggi berusia 35 (tiga puluh lima) tahun pada 1 September 2014, dipersyaratkan mempunyai pengalaman kerja sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun :
  • untuk formasi Jabatan Pengawas Farmasi dan Makanan pertama dan pelaksana : telah bekerja pada instansi pemerintah/lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional yang berkaitan dengan Fungsi Pengawasan Obat dan Makanan.
  • Untuk formasi jabatan lainnya : memiliki pengalaman bekerja sesuai dengan bidang pendidikan.
Persyaratan Umum :
  • Warga Negara Republik Indonesia.
  • Memiliki Integritas tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  • Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Mengerti/menguasai penggunaan komputer (office) dan internet (browsing dan surat elektronik).
Formasi CPNS Badan POM 2014
Untuk keseluruhan jumlah formasi calon pegawai negeri sipil di lingkungan Badan Pengawas Obat Dan Makanan tahun anggaran 2014-2015 ini adalah berjumlah 400. Untuk detail silakan melihat pada screenshot di bawah ini :

Formasi CPNS Badan POM 2014

Tahapan Tes CAT CPNS BPOM :
Tahapan tes yang akan dilalui oleh peserta adalah :
  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Kompetensi Dasar menggunakan Computer Assisted Test (CAT), meliputi : Tes Wawasan Kebangsaan. Tes Intelegensia Umum. Tes Karakteristik Pribadi
  3. Bagi peserta yang memenuhi passing grade cpns 2014 dan dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) selanjutnya berhak mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Namun ada beberapa instansi dan jurusan tertentu yang tidak memerlukan tes TKB, artinya setelah lulus TKD maka berarti lulus ujian CPNS.
  4. Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang terdiri atas : Tes Substansi. Tes Pengetahuan Akademik. Tes Psikologi Tes Wawancara Akhir
  5. Pada tiap tahapan tes diterapkan sistem gugur. Apabila peserta tidak mampu memenuhi standar minimum yang telah ditetapkan, maka peserta yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti tahapan tes selanjutnya. Ketentuan ini berlaku mengikat kepada seluruh peserta tes CPNS BPOM Tahun Anggaran 2014. Pengumuman kelulusan Tes CPNS BPOM 2014 akan diumumkan kemudian.
Panduan Pendaftaran CPNS BPOM 2014

Proses pendaftaran CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) Tahun Anggaran 2014 terdiri dari :
1. Masuk ke alamat website Panitia seleksi nasional (Panselnas) BPOM untuk melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, instansi yang dipilih dan e-mail.
3. Anda akan menerima username, password yang sudah dikirim via e-mail anda
4. Log in ke website SSCN BKN dengan mengisi username password yang sudah dikirim via e-mail, lalu :
  • Klik DAFTAR untuk mengisi formulir pendaftaran.
  • Isi formulir registrasi yang muncul.
  • Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP.
  • Pastikan isian jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan.
  • Klik check box mengenai kebenaran data yang telah dimasukkan
  • Masukkan kode captcha yang tertera.
  • Klik tombol Daftar untuk memproses pendaftaran dan mendapatkan nomor registrasi.
Cetak tanda bukti pendaftaran :
  1. Tanda bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak ditempat lain.
  2. Tanda bukti pendaftaran yang sudah dicetak agar dibawa pada saat verifikasi dokumen lamaran di panitia penerimaan CPNS masing-masing instansi.
5. Melakukan verifikasi dokumen dengan cara :
  • Verifikasi dokumen dilakukan oleh Panitia Penerimaan CPNS yang ada pada masing-masing instansi yang dilamar.
  • Instansi menentukan apakah dokumen lamaran dibawa oleh pelamar yang bersangkutan atau dikirim melalui Pos Indonesia.
  • Verifikasi dokumen tersebut untuk memastikan kesesuaian data pelamar pada isian formulir pendaftaran dan pilihan formasi serta pendidikan apakah telah terisi dengan data yang benar.
6. Mengikuti ujian seleksi pada waktu yang telah ditentukan.
7. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada jadwal tanggal pengumuman kelulusan cpns Badan POM 2014.

Cara Mengisi Form Registrasi Online CPNS BPOM Panselnas 2014

Untuk melakukan proses registrasi daftar online seperti terlihat pada screenshot diatas, silakan untuk menuju ke link ini yaitu www.panselnas.menpan.go id yaitu di link berikut ini ==> https://regpanselnas.menpan.go.id


EmoticonEmoticon