Hati-Hati Waspada Makanan Ini Penyebab Keguguran

Jenis macam makanan buah-buahan yang bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda perlu untuk diwaspadai dan diketahui dalam rangka untuk mencegah janin gugur di dalam kandungan pada ibu-ibu hamil.

Makanan sehat bagi ibu hamil penting dalam rangka menjaga kesehatan janin dalam kandungan dan kesehatan kehamilan itu sendiri. Makanan merupakan salah satu komponen utama dalam menjaga kesehatan seseorang termasuk dalam bagian Cara Kiat Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil.

Hati Hati Waspada Makanan Ini Penyebab Keguguran

Bagi para ibu hamil ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan keguguran yang sudah sepantasnya harus dihindari dan diwaspadai pula.

Penyebab Tanda Ciri Gejala Keguguran Ibu Hamil


Keguguran itu sendiri merupakan keluarnya janin sebelum ia mampu hidup di dalam proses kehamilan dan sebelum proses kelahiran. Pada ibu hamil, resiko keguguran memiliki prosentase 15% – 40%, dan 60% – 75% keguguran terjadi sebelum kehamilan menginjak usia 3 bulan.

Untuk itulah pentingnya para ibu hamil mengetahui memahami akan penyebab tanda gejala-gejala keguguran pada kehamilan itu sendiri sehingga bisa menjaganya dengan lebih baik lagi.

Faktor resiko penyebab keguguran antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Kelainan pada janin karena kelainan kromosom. Ini biasanya terjadi saat berlangsung proses pembuahan. Akibatnya embrio mengalami cacat dan dikeluarkan dari tubuh.
  2. Kelainan pada ibu. Kelainan yang terjadi pada ibu seperti infeksi, penyakit yang diderita si ibu, kekebalan tubuh, ataupun kelainan pada hormon dalam tubuh (progesteron yang terlalu rendah atau prolaktin yang terlalu tinggi)
  3. Kelainan pada rahim kandungan. Kelainan yang paling sering terjadi pada rahim dengan adanya miom (tumor jaringan otot) sehingga mengganggu pertumbuhan embrio. Kelainan lainnya karena rahim yang terlalu lemah, sehingga janin yang sedang berkembang tidak mampu disokong oleh rahim. Biasanya kondisi lemahnya rahim ini hanya mampu bertahan hingga usia kehamilan akhir trimester pertama.
  4. Infeksi pada ibu hamil. Infeksi yang terjadi misalnya saja si ibu terkena Virus TORCH, Hepatitis, HIV dan lainnya.
  5. Pola gaya hidup Tidak sehat ibu hamil. Wanita yang cenderung memiliki gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, hingga obesitas maupun berat badan kurang dari normal, dapat mengganggu sistem hormonal, sehingga menganggu kehamilan.
Tanda-tanda gejala keguguran antara lain bisa dikenali antara lain dengan hal-hal sebagai berikut :
  • Pendarahan. Tanda-tanda keguguran yang paling umum adalah pendarahan. Pendarahan saat keguguran tak hanya berupa pendarahan hebat saja, bisa juga terjadi pendarahan yang hanya berupa bercak merah yang berlangsung lama. Kadang ada juga bagian jaringan yang robek yang juga keluar bersama darah, seperti contohnya kantung ketuban yang robek, atau jaringan pada dinding rahim yang terkoyak.
  • Nyeri pada bagian bawah perut. Nyeri yang dirasakan pada bagian bawah perut biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama. Selain di area perut, rasa nyeri juga dirasakan pada daerah selangkangan, bagian bawah panggul, hingga daerah alat kelamin. Rasa nyeri ini muncul beberapa jam hingga beberapa hari setelah munculnya pendarahan.
  • Kram atau kejang perut. Rasa kram saat keguguran mirip dengan rasa kram saat awal menstruasi. Kram ini dapat berlangsung berulang-ulang dan dalam waktu yang cukup lama. Rasa kram tak hanya pada area perut saja, kram atau kejang ini juga dapat terjadi di panggul.

Buah-Buahan Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil Muda


Jika Anda saat ini tengah hamil muda, sebaiknya lebih waspada dalam memilih makanan karena bisa jadi asupan tersebut justru bisa menjadi faktor yang menyebabkan janin gugur dalam kandungan yang masih dalam masa pembentukan.

Berikut beberapa jenis macam buah-buahan yang bisa menjadi penyebab janin gugur dalam kandungan ibu hamil muda seperti yang dilansir dari laman website Boldsky antara lain adalah sebagai berikut :

Nanas

Sudah menjadi rahasia umum, memakan nanas dapat menyebabkan keguguran. Enzim protase bromelain pada buah nanas dapat melembutkan leher rahim sehingga menyebabkan keguguran.

Menurut The National Institute of Health seorang wanita hamil sebaiknya menghindari suplemen yang mengandung enzim nanas ataupun mengonsumsi buahnya secara langsung. Ini karena nanas mengandung enzim proteasi bromelain yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami keguguran.

Maka dari itu, saat usia kehamilan masih muda usahakan jangan mengonsumsi buah nanas dalam jumlah yang berlebihan. Adapun manfaat nanas untuk kesehatan itu untuk membantu proses pencernaan pada lamnung, dan tidak berlaku untuk ibu hamil muda. Inilah mengapa buah nanas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dimakan oleh para ibu hamil.

Sayuran dengan kandungan vitamin C yang tinggi

Vitamin C sangat diperlukan tubuh namun pada ibu yang tengah hamil muda, vitamin c dapat bersifat kontraseptif jika dikonsumsi terlalu banyak pada masa ovulasi sehingga tanpa sadar bisa menyebabkan calon janin gugur.

Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin C, buah ini hingga saat ini masih menjadi perdebatan para pakar kesehatan. Mengonsumsi pepaya terlalu dapat mengganggu perkembangan calon janin sehingga rentan gugur.

Pepaya muda juga harus dihindari pada waktu masak kehamilan berlangsung. Mengandung senyawa papain. Selain itu juga sangat berbahaya bagi perkembangan janin atau embrio yang masih berproses.

Pepaya mudah berpotensi keguguran. Terdapat beberapa penelitian tentang pepaya muda yang di coba pada seekor tikus pada saat makan pepaya.

Teh hijau

Konsumsi berlebihan teh hijau dapat menyebabkan masalah kesuburan. Hal ini juga dapat menyebabkan keguguran.

Durian

durian mengandung arachidonat dan alkohol sehingga buah ini sangat tidak cocok bagi ibu hamil. Buah durian sebaiknya di hindari pada masa kehamilan berlangsung. Kandungan arachidonat akan berakibat fatal bagi janin dan memicu pembentukan prostaglandin.

Sedangkan kandungan alkohol akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah dan juga bisa memicu terjadinya kelahiran prematur.

Keju

Keju lunak seperti Brie, feta, Camembert, Roquefort, biru berurat, Gorgonzola, dll seperti ini dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi sehingga dapat mengakhiri kehamilan.

Keju di hindari terlebih dahulu karena didalamnya terdapat susu yang tidak dipasteurisasi dahulu. Keju masuk dalam salah satu jenis makanan yang bisa berpotensi menyebabkan keguguran.

Kalaupun ingin haruslah pilih jenis keju yang benar-benar bagus dan aman bagi kesehatan. Sebaiknya dihindari dulu selama masa kehamilan berlangsung.

Ikan kaleng

Ikan kaleng mengandung pengawet seperti garam dan bahan kimia yang dapat meningkatkan tekanan darah wanita hamil dan juga menyebabkan retensi air.

Ikan mempunyai banyak vitamin dan protein yang memang di butuhkan oleh ibu hamil. Jenis ikan yang di maksud adalah jenis ikan kalengan yang mengandung pengawet dan tidak baik bagi kesehatan serta bahan kimia berbahaya lainnya. Apabila di konsumsi akan berpotensi bagi ibu hamil meningkatnya tekanan darah sehingga bisa berdampak buruk dan mengakibatkan retensi air.

Kepiting

Pada ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi kepiting atau makanan atau jenis olahan lain yang mengandung kepiting. Karena akan berakibat pada rahim ukurannya menjadi menyusut.

Juga menjadi salah satu makanan yang masuk dalam daftar yang menyebabkan keguguran. Selain itu bisa juga berakibat pendarahan yang mungkin akan berakhir dengan janin gugur dalam kandungan.

itulah beberapa makanan penyebab keguguran di awal kehamilan yang wajib untuk wanita ibu hamil ketahui.


EmoticonEmoticon