Home » » Kateterisasi Jantung

Kateterisasi Jantung

Kateterisasi Jantung adalah merupakan bagian dari pemeriksaan diagnostik jantung. Karena pemeriksaan kesehatan jantung adalah terdiri dari berbagai macam dan juga tahapan. Kali ini kita bersama akan membahas mengenai prosedur kateterisasi jantung ini setelah pada beberapa waktu yang lalu telah membahas mengenai askep kateterisasi.

Kalau kemarin adalah membahas dari sisi keperawatannya, maka hari ini kita akan berbagi hal lebih umum mengenai persiapan kateterisasi jantung agar lebih mudah dimengerti karena banyaknya komentar sobat-sobat yang kurang memahami kosakata kesehatannya.

Kateterisasi Jantung adalah merupakan prosedur diagnostik untuk melihat kelainan jantung, meliputi dari kelainan anatomi jantung, penyempitan / sumbatan pembuluh darah koroner, gangguan fungsi jantung dan sebagainya. Ini adalah pengertian kateterisasi jantung sendiri.

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan terpenting untuk mendeteksi penyakit jantung koroner serta untuk tindak lanjut seperti pemasangan stent jantung dengan atau pun tanpa stent, atau operasi bedah jantung pintas koroner. Pemeriksaan kateterisasi jantung ini dapat juga digunakan untuk mendeteksi penyakit katub jantung dan kelainan jantung bawaan lainnya.

mengenal kateterisasi jantung,kateterisasi jantung, sehat kita semua,koronary angiografi

Persiapan Kateterisasi Jantung. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika seorang pasien akan dilakukan pemeriksaan jantung ini.

Secara umum persiapan sebelum pelaksanaan kateterisasi jantung adalah sebagai berikut :
  • Pemeriksaan laboratorium
  • pemeriksaan EKG
  • Uji latih beban (Treadmill)
  • Foto dada ( Rontgen Dada )
  • Puasa makan 4 - 6 jam sebelum tindakan, minum obat seperti biasa.
  • Mendapat penjelasan tentang prosedur tindakan
  • Diminta untuk menandatangi persetujuan tindakan (inform consent)
  • Dicukur pada daerah mana kateter akan dimasukkan
  • Dipasang infus di lengan / tungkai kiri
Prosedur Tindakan kateterisasi jantung.
Tindakan kateterisasi jantung dilakukan dengan cara memasukkan kateter dengan diameter 1,5 - 2,0 mm menuju jantung melalui tusukan pada arteri di daerah lengan atau pangkal paha dengan menggunakan anestesi lokal dan memasukkan zat kontras kedalamnya. Sepanjang tindakan ini dilakukan pasien dalam keadaan yang sadar karena tidak menggunakan bius umum atau anastesi general.

Dan tindakan ini bisa dilakukan di RSUP Dr Kariadi Semarang Jawa tengah. Yah sedikit promosi kan tidak apa-apa sobat....Tindakan ini lebih umum untuk deteksi jantung koroner dan mengetahui sumbatan pada pembuluh darah koroner yang mengalami penyempitan atau pun penyumbatan. Dan semoga yang sedikit mengenai kateterisasi jantung ini bisa memberikan manfaat.


0 komentar:

Post a Comment